Gerakan Reboisasi di Pagak

  • Whatsapp

Malangkabupaten, beritalimacom— Bertempat di lereng gunung Geger Desa Sumberejo Kec. Pagak Danramil 0818/10 Pagak Kapten Inf Sugianto bersama Muspika Kecamatan Pagak, Kepala UPT Pagak, Mantri Tani Pagak, Mantri Hutan Pagak dan Kepala Desa Sumberejo Kec.Pagak.

Kegiatan penghijauan/reboisasi dengan menaman 500 Batang, luas lahan sepanjang 500 M, yang berada di bibir gunung Geger yang rawan longsor serta melibatkan 265 Personil diantaranya, Anggota koramil 12 orang, Anggota polsek 10 orang, Kecamatan pagak 15 orang, Siswa SMK pagak 50 orang, Siswa Smp pagak 26 orang, Siswa MTS pagak 26 orang, Masyrakat 29 orang, PDAM 5 orang, Satpam ekamas 10 orang, Mahasiswa UMM 50 orang, PKK kecamatan 5 orang, Dinas Pertanian 8 orang, UPT 6 orang, PLKB 4 orang dan Perangkat desa sumberejo 8 orang.

Dalam kegiatan tersebut Danramil 0818/10 Pagak menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan bersama-sama masyarakat,  mengingat di lereng gunung Geger Desa Sumberejo Kec. Pagak tersebut, sudah cukup banyak kerusakannya akibat alam dan ulah manusia sendiri, sehingga perlu diadakan kembali reboisasi.

TNI yang dalam hal ini Kodim 0818 Kab. Malang-Batu lewat Koramil 0818/10 Pagak selalu siap membantu Pemerintah dan masyarakat untuk melakukan penanaman ulang, sehingga diharapkan di lereng gunung Geger Desa Sumberejo Kec. Pagak dapat hijau kembali hingga sumber air tetap terjaga.

Kegiatan ini juga bertujuan memelihara dan melindungi mata air yang ada. Sebagaimana kita tahu Lereng Gunung sekitar masih banyak sekali sumber air yang harus dijaga kelestariannya. Adapun beberapa jenis tanaman yang sudah  ditanam diantaranya: Trembesi, Durian, dan Rambutan.

Di samping kegiatan reboisasi, Koramil 0818/10 Pagak juga memasang papan yang bertuliskan larangan-larangan dan himbauan kepada masyarakat agar dapat selalu menjaga serta  melestarikan wilayah lereng gunung Geger. (REM)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *