Gernas BBI dan BBWI 2024 Genjot Pembelian Produk lokal

  • Whatsapp
Gernas BBI dan BBWI 2024 Genjot Pembelian Produk lokal.

Jakarta, beritalima.com| Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreati (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin meluncurkan gerakan nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2024 guna tingkatkan permintaan dan pembelian produk dalam negeri.

Kick Off Gernas BBI/BBWI di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta (26/2), dimana Sandiaga menjelaskan, pada 14 Mei 2020, Presiden Jokowi telah meluncurkan Gernas BBI guna meningkatkan permintaan dan pembelian produk dalam negeri oleh masyarakat dan pemerintah.

Bacaan Lainnya

“Gernas BBWI ini targetnya 1,25 miliar-1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara, dan ada data yang menarik ternyata wisnus itu high spender dengan pengeluaran mencapai 3,8 juta dalam satu kali perjalanan, ini sangat mendukung ekosistem parekraf kita,” ujarnya.

Berdasarkan data, kurun waktu kurang lebih 3,5 tahun (14 Mei 2020-September 2023), terdapat penambahan jumlah UMKM yang onboarding digital mencapai 14,9 juta unit dari sebelumnya 8 juta unit.

Hingga saat ini, total UMKM onboarding digital telah mencapai 22,9 juta unit atau terjadi peningkatan sebesar 186 persen.

“Pemerintah menargetkan peningkatan pertumbuhan ekonomi berkisar 1,67-1,71 persen dari aksi afirmasi belanja produk dalam negeri dengan nilai belanja minimal Rp400 triliun. Pada 2023, sebanyak 95 persen dari anggaran belanja pemerintah pusat dan daerah untuk produk dalam negeri. Peningkatan kunjungan wisatawan ke destinasi lokal menjadi 1,2 miliar – 1,4 miliar perjalanan,” tambahnya.

Aksi afirmasi BBI menjadi kesempatan bagi koperasi dan UMKM untuk mengambil peluang pengembangan usaha, sehingga mereka didorong untuk benar-benar memanfaatkan program tersebut dengan sebaik mungkin.

Liputan : Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait