Ginjal Organ Vital Kita, Jagalah Baik-baik !

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Di suatu sore saya melintas di rumah sakit melihat Agnes sedang tunggu di luar ruangan Haemodialisa menunggu ayahnya sedang mencuci darah ,seminggu 2 kali senen dan kamis akibat darah tinggi yang puluhan tahun,Tak selang lama mekihat bu Charli lagi menunggu ibundanya 73 tahun juga lagi cuci darah karena sakit gula 56 tahun lamanya dan harus lakukan cuci darah 3 kali seminggu,saya juga mendengar bahwa Pak lukman sempat cuci darah setahun akhirnya juga meninggal.berari bahwa cuci darah ini adalah jalan terakhir dari penyakit sakit ginjal.

Ginjal adalah organ paling vital dalam tubuh kita sebagai tempat penyaringan dan metabolisme tubuh, bila ginjal kita rusak bagaimana seseorang akan menghadapi hidup ,minum obat se umur hidup dan harus cuci darah ,rasanya putuslah harapan hidup. Dewasa ini kita banyak mendengar bahkan melihat teman kita sakit ginjal bahkan ada yang cuci darah dan berujung dengan kematian, uang habis nyawa mrnghilang, sangat pilu mendengar!

Penyakit Ginjal Kromis (PGK) adalah salah satu penyakit tidak menular oleh 1 dari 10 orang di dunia. PGK tidak dapat diobati dan dapat menyebabkan penderita membutuhkan perawatan seumur hidup. Seiring meningkatnya angka penyakit ginjal, Hari Ginjal Sedunia berperan penting dalam mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan dan deteksi dini penyakit ginjal.

Peringatan Hari Ginjal Sedunia kali ini fokus pada deteksi dini guna mencegah penyakit ginjal kronis yang menyerang satu dari tiga orang di dunia. Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day kembali diperingati pada tanggal 11 Maret21 minggu kedua di bulan Maret ini. Hari Ginjal Sedunia masih mengangkat tema “Ginjal Sehat untuk Semua di Mana Saja”. Namun, yang membedakan, tahun ini fokus pada menyoroti pencegahan, deteksi dini, dan pemerataan akses pelayanan demi mencegah penyakit ginjal kronis.
Hari Ginjal Sedunia merupakan peringatan yang diinisiasi oleh dua organisasi dunia yakni International Society of Nephrology dan International Federation of Kidney Foundation sejak 2006 lalu. Peringatan Hari Ginjal Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global akan pentingnya kesehatan ginjal

“Penyakit ginjal meningkat dari waktu ke waktu di dunia. Angka kematian meningkat, biaya yang dikeluarkan juga besar. Oleh karena itu, tema yang diangkat tahun ini lebih kepada pencegahan dan deteksi dini,” kata Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia, Aida Lydia dalam konferensi pers peringatan Hari Ginjal Sedunia di Jakarta.

Data Kementerian Kesehatan melaporkaan :”Pada orang dengan obesitas, organ ginjal harus bekerja lebih berat, menyaring darah lebih banyak daripada normal untuk memenuhi tuntutan metabolik yang meningkat sesuai berat badannya. Peningkatan fungsi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ginjal , meningkatkan risiko terjadinya PGK dalam jangka waktu yang lama,Orang dengan obesitas lebih berisiko 83 % untuk menderita PGK dibandingkan orang dengan berat badan normal. Menurunkan berat badan berlebih dan mencegah terjadinya diabetes, hipertensi dan penyakit jantung akan menurunkan risiko penyakit “.

Para ilmuwan membahas bagaimana agar memelihara ginjal kita tetap SEHAT. Kenapa Ginjal itu harus diperlihara tetap sehat? Ginjal adalah salah satu alat vital tubuh kita yang sangat berperan dalam
1. Tempat pembuangan sisa metabolisme tubuh seperti urine
2. Tempat penghasilan sel darah
3. Tempat meregulasi keseimbangan asam- basa
4. Tempat mengatur tekanan darah

Bagaaimana bila ginjal kita tidak berfungsi?
Ginjal rusak dalam dunia kedokteran disebut Gagal Ginjal.menyebabkan sisa metabolisma bertumpuk dalam darah yang tidak dikeluarkan menjadi :
1.racun bagi tubuh kita sendiri.Racun ini akan menimbulkan keluhan mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran.
2.Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi bengkak dan menimbulkan sesak nafas Bila tidak diatasi segera orang yang mengalami gagal ginjal akan menemui kematian.

Faktor pencetus Gagal Ginjal:
1. Penyumbatan total saluran ginjal oleh batu,
2. Kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi segera
3. Kekurangan darah pada orang luka dan operasi,
4. Infeksi berat serta keracunan obat dan zat kimia tertentu.
5. Tekanan darah tinggi yang tak terkontrol
6. Penyakit Diabetes yang tak terkendali
7. Kista ginjal multiple
8. Tumor perut menekan ginjal

Gejala / Tanda Penyakit Gagal Ginjal :
1. Nyeri pinggang ( kolik),
2. Bengkak pada (mata,kaki )
3. Kencing sakit,
4. Demam, sedikit,
5. Muka pucat,pusing n loyo

Pemeriksaan laboratorium pendukung;
1. Urine dijumpai ada protein,ada eritrosit, lekosit, bakteri
2. Kreatinin naik
3. Hb menurun
4. Natrium turun, Kalium naik
5. Albumin darah turun
6. Mikroalbumin tinggi
7. asam urat tinggi

PENGOBATAN ;
Kendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit
Penderita Gagal Ginjal harus mentaati Diet ginjal sbb;
1. Batasi minum air maksimum 2 liter/ hari karena menyebabkan bengkak
2. Hindari memakan jenis daging dari binatang berkaki 4 karena menyebabkan kreatinin tinggi.
3. Hindari makan buah2an bila dipotong berobah jadi warna coklat a hitam seperti apple,pears pisang dll karena mengandung Kalium tinggi berbahaya bagi tubuh
4. Hindari semua jenis sayuran berwarna hijau a hitam karena mengandung Kalium tinggi
5. Kurangi memakan kacang kacangan karena mengandung asam urat.

Anda juga bisa menetapkan metode TEPAT yaitu Terapkan pola sehat.Enyapkan rokok .Periksakan kesehatan berkala.Asupan minum air cuku .Teknologi laser Bila penderita Gagal Ginjal yang tidak mematuhi petunjuk pengobatan akan berakhir dengan cuci darah. sekali cuci darah tetap cuci darah harta ludes nyawa melayang! Oleh sebab itu peliharalah ginjal anda secara baik bila ada gejala keluhan diatas segera berkonsultasi degan dokter anda.
Sekilas info semoga bermanfaat!
RobertoNews 1498《27.7.22(07.15)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait