Gubernur Khofifah Nyatakan, Sudah Pindah Tugaskan Oknum Guru Rasis ke Murid

  • Whatsapp
Gubernur Khofifah menemui murid SMAN Pakusari (beritalima.com/sugik)
Gubernur Khofifah menemui murid SMAN Pakusari (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Adanya oknum guru berucap rasis ke salah satu siswa SMAN Pakusari, Jember, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, guru tersebut telah dipindah tugaskan.

“Maka saya ingin memastikan disini, bahwa seluruh proses belajar mengajar semua berjalan seperti semula,” kata Gubernur Khofifah saat mendatangi sekolah tersebut, Sabtu (29/1/2022).

Bacaan Lainnya

Khofifah ingin mengetahui secara langsung di sekolah yang bersangkutan, yang mana ada kata-kata atau penyampaian dari oknum guru berinisial EGP yang kurang tepat, atau khilaf ke salah satu murid asal Papua.

“Jadi sang guru sudah menyampaikan permohonan maaf, siswanya juga memaafkan dan menganggap masalah ini selesai,” ungkapnya.

Gubernur menyatakan, pihaknya bersama PJ Sekda Jatim dan Kepala Dinas Pendidikan Jatim telah berkoordinasi, akan memberikan tugas ditempat lain kepada oknum guru yang bersangkutan.

“Jadi dalam waktu dekat, yang bersangkutan bertugas ditempat lain,” ungkap Khofifah.

Sedangkan, Kepala Seksi SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Cabang Jember, Muhammad Chotib mengatakan, pihaknya telah turut serta untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Menurut Chotib, yang bersangkutan telah dialihkan dan tidak mengajar sementara, saat ini menjadi tenaga kependidikan atau unsur staf pendidik.

“Beliaunya GTT (Guru Tidak Tetap) dan kemarin saat tes P3K dirinya susah lolos dan masuk,” ucapnya.

Dirinya melihat dari kacamata Pendidikan, yang bersangkutan termasuk melakukan pelanggaran.

Sedangkan, Kepala SMAN Pakusari Siswo menambahkan, semula yang bersangkutan mengajar mata pelajaran IPA. Namun permasalahan ini telah disampaikan keatasan.

“Kejadian itu rabu kemarin, hanya kesalahpahaman dan menyinggung perasaan siswa,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait