Gus Ipul Bagikan Resep Sehat Bagi Lansia

  • Whatsapp
Wakil Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati dan Wakil Bupati Gresik melakukan Senam Lansia bersama -sama dengan para Lansia pada acara Pekan Lansia di Halaman Kantor Bupati Gresik

GRESIK, beritalima.com – Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf berbagi resep sehat kepada para Lanjut Usia (Lansia). Tips sederhana tapi penting itu ia sampaikan saat menghadiri Gebyar Lansia dalam rangka memperingati Hari Lansia Nasional dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017 Komda Lansia Kabupaten Gresik di Halaman Kantor Bupati Gresik, Sabtu (14/10) pagi.

Ia menjelaskan, resep sehat yang bisa dilakukan untuk para lansia yakni rajin berolahraga dalam waktu 30-60 menit setiap hari, makan sayur dan buah yang cukup. Selain itu, para lansia juga harus memeriksakan kesehatan secara rutin.

Menurutnya, olahraga, rajin makan buah dan sayur, serta memeriksakan kondisi kesehatan rutin adalah salah satu dari aktivitas untuk memelihara hidup sehat.

“Ketiga hal ini harus menjadi kebutuhan kita bersama. Sebab bisa menjadi gerakan masyarakat sehat agar para lansia bisa hidup sehat,” ujar Gus Ipul sapaan lekat Wagub Jatim.

Melihat antusiasme para lansia yang hadir dalam kegiatan itu, Ketua Komda Lansia Jatim itu pun mengungkapkan rasa bahagianya. Ditambah lagi dengan kondisi angka harapan hidup (AHH) di Jatim yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Saat ini, angka harapan hidup di Jatim mencapai 71 tahun. Sedangkan jumlah lansia Jatim mencapai 4.453.256 38 juta, dari jumlah penduduk 38 juta orang (11,4%). “Ini adalah hal yang sangat membahagiakan dan kita syukuri,” katanya.

Sementara itu, Suryadi, lansia yang aktif di Komda Lansia Jatim mengatakan, tidak ada resep khusus saat memasuki lanjut usia. Satu yang perlu diingat agar tidak pernah membeda-bedakan orang lain dari suku, agama, maupun ras. “Kita harus pasrah terhadap yang menciptakan hidup,” jelasnya.

Senada dengan Suryadi, Sukardi lansia yang berusia 80 tahun pun mengungkapkan hal yang sama. Selama ini, hidup yang ia jalani bak air mengalir dan tidak pernah melakukan hal yang macam-macam.

Kegiatan ini diikuti ribuan lansia dan disediakan berbagai doorprize menarik seperti sepeda gunung, lemari es, kipas angin. Selain itu, para lansia juga melaksanakan senam lansia bersama Wagub Jatim, Bupati dan Wabup Gresik. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *