Gus Ipul Beri Tips Cara Hidup Sehat

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memberikan tips cara hidup sehat. Cara sederhana yang bisa mencegah orang tidak mudah kena penyakit.

“Ada tiga hal yang dilakukan untuk mencegah agar tidak sakit dan tetap sehat,” kata Gus Ipul pada acara talkshow Deteksi dini Kanker Payudara di Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (31/12).

Cara pertama, yaitu rutin berolahraga setiap hari. “Ini ngomongnya enak, ngelakoni angel (melaksanakan yang sulit). Saya termasuk orang yang jarkoni, isok ujar gak isok ngelakoni,” ucapnya dengan bahasa jawa.

Yang kedua, lanjutnya, makan buah dan sayur. Ketiga, mendeteksi dini dengan periksa rutin setiap enam bulan sekali ke dokter. “Dengan periksa rutin, maka akan diketahui sejak awal penyakit kita,” ujarnya.

Gus Ipul juga mengingatkan masyarakat akan bahayanya penyakit tidak menular. Angka kematian saat ini banyak disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti diabetes, stroke dan kanker.

“Didominasi oleh penyakit tak menular. Akibatnya, bila hal ini dibiarkan akan menurunkan daya saing dan derajat kesehatan masyarakat secara umum,” katanya.

Menurutnya, 70 persen penyakit kanker payudara diketahui setelah dalam kondisi sangat parah. Karenanya, dia mengimbau agar masyarakat sering memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

“Saya memberi apresiasi penuh kepada Perempuan Bangsa Jatim yang turut aktif memberikan penyuluhan dan mau melakukan kegiatan untuk mendeteksi dini kepada ibu-ibu,”tandasnya.

Sependapat dengan Gus Ipul, Ketua DPW Perempuan Bangsa Jatim, Anik Maslachah mengatakan, ada dua jenis penyakit kanker yang berbahaya jika tidak terdeteksi sejak dini. Yaitu, kanker payudara dan kanker serviks.

“Dari data yang ada, banyak orang meninggal karena kanker payudara. Maka, perlunya kita berbagi ilmu, penyebabnya apa dan memberikan pelayanan deteksi dini kanker payudara kepada masyarakat,” paparnya. (Ef)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *