Gus Ipul : Mayjen TNI I Made Sukadana Pemimpin Sejati

oleh -61 views
Wakil Gubenur Prov. Jatim beserta ibu foto bersama Pangdam V Brawijaya yang sudah purna tugas usai memberikan cindera mata.

SURABAYA, beritalima.com – Mayor Jenderal TNI (Purn) I Made Sukadana, S.Ip adalah contoh pemimpin TNI yang sejati. Selama kepemimpinan beliau sebagai Pangdam V/Brawijaya, Jatim berada dalam situasi yang aman, nyaman, dan kondusif. Sifat beliau yang humanis juga mencerminkan bahwa TNI sangat dekat dengan masyarakat.

Kesan itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf saat pisah sambut Pangdam V/Brawijaya dari Mayjen TNI (Purn) I Made Sukadana SIP kepada Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko MDA di Gedung Balai Kartika Makodam V Brawijaya, Rabu (26/4) malam.

www.beritalima.com

Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim mengatakan, meski belum sampai satu tahun menjabat sebagai Pangdam V/Brawjiaya, namun sosok I Made Sukadana dikenal dekat oleh masyarakat. Pasalnya, beliau rajin berkeliling Jatim yang menjadikan provinsi ini suasananya aman, nyaman, dan kondusif.

Pendekatan yang dilakukan I Made Sukadana juga sangat humanis, klop dengan suasana batin masyarakat Jatim. Pendekatan itu menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Hasilnya, masyarakat merasa dilindungi, dipercaya, dan diberikan tempat. “Sehingga tercipta ketentraman yang menjadi poin utama dalam kehidupan bermasyarakat” ujarnya.

Tak hanya itu, I Made Sukadana adalah sosok yang peduli dengan masyarakat. Salah satu contohnya dibuktikan dengan dukungan penuh beliau atas pelaksanaan program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang bekerjasama dengan Pemprov Jatim. Sejauh ini sudah ada 108 ribu lebih RTLH yang telah dibangun di seluruh Jatim

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Program RTLH berperan besar dalam mengurangi angka kemiskinan, menumbuhkan ekonomi positif, serta membangkitkan kepedulian sosial, rasa kebersamaan, dan semangat gotong royong di masyarakat. Terlihat suasana guyub rukun antara pemerintah, TNI, dan masyarakat saat bersama-sama membangun rumah” katanya.

Mendengar hal itu, Mayor Jenderal TNI (Purn) I Made Sukadana, S.Ip mengatakan bahwa dirinya jatuh cinta dengan Jatim berkat suasananya yang kondusif dan masyarakatnya yang ramah. Karena itu, begitu pensiun, ia ingin menetap di Malang.
“Istri saya orang Malang, saya ingin tinggal di Malang. Terima kasih kepada seluruh pihak, baik pemerintah, DPRD, polisi, pengusaha, para prajurit TNI, dan masyarakat yang telah bekerjasama dengan baik dalam membangun Jatim, sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera. Suasana damai terasa sekali di Jatim” katanya.

Pada kesempatan itu, Pangdam V/Brawjiaya yang baru, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko MDA mengatakan bahwa dirinya siap untuk meneruskan perjuangan I Made Sukadana. “Mari kita tingkatkan kerjasama untuk membawa Jatim menjadi lebih aman, nyaman, sejahtera, dan maju” pungkasnya.

Acara pada malam itu dihadiri pula oleh istri Wagub Jatim, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, unsur Forkopimda, dan para prajurit TNI. Malam pisah sambut juga dimeriahkan oleh artis papan atas nasional, Rossa yang membawakan beberapa lagu hits andalannya, seperti “ku menunggu”, dan “Tegar”. (**/RED) www.beritalima.com

www.beritalima.com