Gus Ipul Tekankan Hidup Bersih dan Sehat

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com _ Hidup bersih dan sehat merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harusdipenuhi setiap masyarakat. Maka, perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai daridiri sendiri dan lingkungan sekitar.Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saatmelepas jalan sehat peringatan bersih desa dan haul akbar ke 388 di Rungkut Tengah,Surabaya Minggu (1/10). Ia mengatakan, bahwa bersih desa merupakan sebuah tradisi yang mengajaksemua elemen masyarakat untuk senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Jikarumah dan lingkungan kita bersih, diyakini akan mendatangkan rezeki. Disampaikannya, hidup bersih dan sehat juga dicanangkan oleh Presidenmelalui Gerakan Masyarakat untuk senantiasa hidup sehat (Germas). Perilaku hidupsehat bisa diawali dengan melakukan olahraga rutin setiap hari sekitar 30-60 menitpada pagi hari. “Kita harus membiasakan diri untuk rutin olahraga pagi.

Salah satu olahragayang murah, terjangkau dan memasyarakat salah satunya dengan jalan kaki ataubersepeda,” ungkapnya.Setelah melakukan olahraga pada pagi hari, masyarakat diimbau untuk rutinmakan makanan sehat dengan sayur dan buah buahan.

Dengan mengkonsumsimakanan sehat akan membentuk tubuh yang bugar. Perilaku hidup sehat terakhir yakni dengan rutin untuk chcek up kesehatan baikdi puskesmas maupun rumah sakit.

“Jika di lingkungan sekitar kita ada masjid, bisabekerja sama dengan puskesmas untuk memberi layanan kesehatan kepadamasyarakat untuk check up kesehatan. Fungsinya untuk membantu mendeteksi jikaterdapat penyakit bisa segera tertangani,” jelasnya. Menurutnya kegiatan bersih desa seperti ini, merupakan bagian dari mengingatsejarah dengan terus mempertahankan nilai nilai budaya yang positif. “Hal hal yangbaik dipertahankan dan dikembangkan sementara yang jelek kita tinggalkan,” tutupnya.(rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *