Hari Ini 4 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

  • Whatsapp
Indonesia kembali kedatanga vaksin covid-19 Sinovac. Dalam tahap 110 ini sebanyak 4 juta dosis vaksin tiba di Indonesia

JAKARTA, beritalima.com| Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin covid-19, Senin (1/11) yang merupakan kedatangan tahap 110.

Kali ini sebanyak 4 juta dosis vaksin Sinovac yang menambah jumlah pasokan vaksin untuk memperkuat program vaksinasi nasional.
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan dengan kedatangan vaksin ini, jumlah total vaksinyang telah ada sebanyak 317.494.660 dosis. Jumlah itu baik dalam bentuk vaksin jadi ataupun bahan baku atau bulk.

Bacaan Lainnya

Nadia mengatakan ketersediaan vaksin di Indonesia aman dan mencukupi. Penguatan stok vaksin ini akan sangat berkontribusi dalam mengoptimalkan upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi nasional.

“Hal ini seiring langkah pemerintah meningkatkan capaian vaksinasi di daerah-daerah di seluruh
Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Menurutnya sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), setiap vaksin jadi yang telah datang, akan segera didistribusikan ke berbagai daerah. Hal ini bertujuan agar penyuntikan vaksin berjalan lancar dan lebih cepat. “Begitu pula dengan vaksin yang tiba hari ini,” ujarnya.

Ia juga menekankan, program vaksinasi perlu dukungan penuh dari masyarakat sebagai pelaku sekaligus penerima manfaat upaya proteksi kesehatan.

Pemerintah meminta masyarakat yang belum mendapatkan vaksin segera melakukan vaksinasi di sentra vaksinasi atau fasilitas kesehatan terdekat.

“Bagi yang sudah melengkapi vaksinasi, mari kita dorong dan bantu keluarga, kerabat tetangga sekitar kita untuk segera divaksinasi. Mari kita juga sampaikan informasi yang benar terkait vaksinasi, agar masyarakat terhindar dari hoaks yang merugikan,” kata Nadia.

Selain memberikan jaminan ketersediaan stok vaksin, Nadia menuturkan bahwa upaya edukasi kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang masih ragu dan enggan untuk divaksinasi, juga sangat penting.

Nadia menegaskan seluruh vaksin covid-19 yang digunakan di Indonesia aman dan berkhasiat, dan mendapatkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Ia juga meminta masyarakat untuk disiplin menjaga protokol kesehatan. Apalag presiden juga telah mengingatkan meski kecil, namun belakangan ini telah
terjadi peningkatan jumlah kasus di Indonesia.

“Hal tersebut hendaknya membuat kita mawas diri dan semakin waspada mencegah proses penularan. Caranya, memakai masker dengan benar, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, juga upaya-upaya lain seperti mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan,” katanya.

Berikut jumlah vaksin yang telah terdistribusi selama Januari – Oktober 2021 yakni sebanya 235.598.924 dosis, dengan rincian sebagai berikut :
● CoronaVac 1 ds: 3.000.000
● CoronaVac 2 ds (melalui Kontrak Pembelian) : 49.568.476
● CoronaVac 1 ds (melalui Hibah) : 10,723,080
● CoronaVac 2 ds (melalui Hibah dari RRT) : 1,999,376
● Covid-19 Bio Farma : 121,091,300
● AstraZeneca (melalui Covax, B2B, dan Hibah) : 28.527.224
● Moderna : 8.000.160
● Sinopharm (Hibah dari Arab Saudi) : 749.502
● Sinopharm RC (Hibah dari RRT ) 2 ds / vial : 170.000
● Janssen : 450.020
● Pfizer : 18.104.580
(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait