Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022 di SD Negeri 1 Manggis Selain Upacara Juga Ada Pentas Seni

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Indonesia ke 144 di SD Negeri 1 Manggis kecamatan Leksono kabupaten Wonosobo diadakan upacara bendera di halaman sekolah yang diikuti 100 siswa dan dewan guru.

Slamet Jumadi, S.Pd Kepala Sekolah di SD ini dalam amanatnya menyampaikan mengenai sejarah kebangkitan nasional.

Bacaan Lainnya

Menurutnya organisasi pergerakan Budi Utomo dicetuskan oleh Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo yang kemudian didirikan pada 20 Mei 1908.

Dikatakan bahwa terbentuknya Budi Utomo menjadi titik awal pergerakan nasional.

“Lahirnya Budi Utomo dimulainya perubahan bentuk perjuangan dalam mengusir penjajah yang sebelumnya perjuangan melawan penjajah Belanda menggunakan senjata dan kedaerahan menjadi perjuangan dengan kekuatan pemikiran dan bersifat nasional,” amanat Slanet Jumadi, Jumat (20 Mei 2022).

Tahun ini tema peringatan Harkitnas Ayo Bangkit Bersama merupakan bentuk seruan agar bersama-sama bisa bangkit bersama dari Pandemi Covid-19.

“Ayo kita bersama-sama bangkit agar dunia pendidikan lebih maju dibandingkan sebelumnya, ini tidak bisa dilakukan tanpa adanya kebersamaan antara guru, siswa, komite, ortu siswa maupun stake holder terkait,” pungkasnya.

Usai upacara digelar pentas seni tari Lengger Wonosobo kolaborasi, tari Tempe Kemul dan drama di halaman sekolah. (Edi)

beritalima.com

Pos terkait