Hetifah: Kesiapan SDM Kunci Keberhasilan Parawisata di Kalimantan Timur

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Politisi senior Partai Golkar, Hetifah Sjaifudian tidak mau membuang-buang waktu. Pada lubur akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu dimanfaatkan wakil rakyat dari Provinsi Kalimantan Timur itu mengunjungi konstituen.

Sabtu lalu misalnya, Hetifah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Samarinda. Ada beberapa agenda dalam kunjungan Hetifah ke Samarinda kali ini, antara lain menjadi pembicara Bimbingan Teknis Pramuwisata, Seminar Pendidikan Mata Garuda dan menjadi juri Grand Final Duta Wisata Provinsi Kalimantan Timur.

Ketika menghadiri Bimbingan Teknis untuk Pramuwisata se Kalimantan Timur di Swissbel Hotel, Samarinda, Sabtu (2.11) misalnya, pimpinan Komisi X DPR RI ini mengatakan, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) pemadu wisata merupakan salah satu kunci keberhasilan pengembangan parawisata di Kalimantan Timur.

Dalam keterangan tertulis melalui WhatsApp (WA) Minggu (3/11), Hetifah mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas pramuwisata harus terus diupayakan stakeholder pariwisata di Kalimantan Timur.

“Soalnya, pramuwisata adalah pihak yang secara langsung berinteraksi dengan wisatawan,” ungkap Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) tersebut di hadapan puluhan pramuwisata dan pelaku pariwisata se-Kalimantan Timur.

Ditambahkan perempuan berhijab kelahiran Bandung, Jawa Barat, 30 Oktober 1964 itu, kepuasan wisatawan terhadap jasa pemandu wisata dapat menentukan apakah wisatawan tersebut akan merekomendasikan pengalaman wisata ini ke orang lain.

Malam harinya, Hetifah menjadi juri dalam acara Grand Final Duta Wisata Provinsi Kalimantan Timur. Hetifah memberikan beberapa pertanyaan dalam sesi tanya jawab dengan para finalis, dan membantu untuk menentukan pemenang.

Usai acara Grand Final, Hetifah mengatakan, peran duta wisata sangat penting dalam mempromosikan pariwisata daerah. “Duta wisata selain harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang daerahnya, juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga daya tarik suatu daerah dapat tersampaikan dengan baik kepada calon wisatawan potensial,” kata Hetifah.

Wakil Ketua Komisi X yang membawahi bidang pariwisata berharap, Menteri Pariwisata yang baru dapat melanjutkan komitmen pemerintah pusat dalam mengangkat pariwisata Kalimantan Timur ke kancah internasional. “Salah satunya dengan terus mengadakan kegiatan yang meningkatkan kesiapan pemandu wisata, duta wisata, juga pelaku ekonomi kreatif.”

Dambahkan, 2020 bakal ada tiga acara di Kalimantan Timur masuk dalam Calendar of Events Wonderful Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata, yaitu Festival Mahakam di Samarinda, Erau di Kutai Kartanegara dan Balikpapan Fest di Kota Balikpapan. “Saya berharap, Kemenpar dapat terus mendukung ketiga acara tersebut,” demikian Hetifah Sjaifudian. (akhir)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *