Hidung Tersumbat, Apakah COVID Atau Allergi ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Saudara Diera Pandemi covid 19 ini, hidung tersumbat adalah suatu gejala dari Covid namum
Kalau hidung tersumbat ini belum tentu karena gejala awal covid bisa karena allergi ? Seperti teman kami pak Johanes 55 tahun setiap bangun pagi hidung pasti tersumbat setelah hirup air uap panas maka nafasnya terasa enteng.begitu Bu Samien yang tukang masak didapur umum selalu mengeluh hidung tersumbst setelah hirup uap masakan

Penyebab hidung tersumbat sebelah bisa beragam.kondisi ini bisa membuatmu sangat menderita.Hidung tersumbat umumnya memang disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah sinus.hal ini seringnya disebabkan oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus.
Penyebab hidung tersumbat sebelah bisa membuat kamu kesulitan bernapas. Hidung tersumbat juga merupakan suatu gejala penyakit. Oleh karena itu, kamu perlu tahu penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya agar tidak mengganggu dan berdampak lebih buruk.

PATOGENESIS :
Anda mengalami gejala-gejala seperti bersin-bersin hidung tersumbat atau meler, jangan langsung berasumsi anda terkena flu. Sedangkan pada kondisi lain, gejala-gejala seperti bersin-bersin hidung tersumbat atau meler bisa disebabkan karena Rhinistis Alergi atau Comon Cold (masuk angin).

Rhinitis alergi adalah peradangan pada lapisan hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap zat-zat tertentu. Rhinitis alergi ini dapat dipicu oleh bermacam-macam zat di lingkungan seperti debu, bulu hewan, serbuk sari, tungau, kapang atau jamur, asap rokok, dan parfum.

Beberapa faktor risiko yang memperparah rhinitis alergi antara lain
1. zat kimia,
2. Suhu dingin
3. kelembapan
4. angin
5. polusi udara
6. hairspray
7. Parfum
8. Asap.

PREVALENSI
Prevalensi rhinitis alergi di indonesia mencapai hingga 12,4% populasi dan cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sumber lain mengatakan jumlah kasus rhinitis alergi sebanyak 2 juta kasus per tahun di Indonesia.

Common cold biasa dikenal sebagai masuk angin atau batuk pilek. Berbeda dengan rhinitis alergi, common cold adalah infeksi yang terjadi karena beberapa virus atau bakteri yang menyerang hidung dan tenggorokan. Sedangkan flu adalah infeksi virus yang secara spesifik disebabkan oleh virus influenza. Namun di Indonesia, common cold sering disalahartikan sebagai flu padahal penyebab dan gejala-gejalanya berbeda. Flu relatif jarang terjadi dibandingkan rhinitis alergi dan common cold, pada tiap orang kejadiannya diperkirakan hanya sekitar satu kali setahun.

PENCEGAHANc& PENGOBATAN :
1. Tetap Terhidrasi
2. Hirup uap air hangat
3. Menghirup Uap Panas
4. Minum Air Jahe Hangat
5. Menggunakan Minyak Angin
6. Minum obat pereda nyeri
7. Menggunakan nasal spray
8. Beristirahatlah yang cukup.
9. Mandi menggunakan air hangat.
10. Mengonsumsi obat antihistamin
11. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi
12. Membasuh wajah dengan handuk hangat
13. Hindari berenang dalam kolam yang mengandung klorin
14. Minum lebih banyak cairan, terutama air putih, air lemon hangat, atau sup kaldu bening.
.
Jika kamu terkena common cold, rhinitis alergy ataupun Flu, sebaiknya kamu beristirahat, minum banyak air putih, dan minum obat untuk meringankan gejala. Obat-obatan seperti dekongestan dapat digunakan untuk meringankan gejala yang berupa hidung tersumbat yang seringkali menyebabkan rasa tidak nyaman. Alergi ditangani dengan menghindari penyebab alergi, dan mengkonsumsi obat mengandung antihistamin untuk meringankan gejala dan penyebab alergi.

DEmikian harus dibedakan hidung tersumbat akibat covid or allergi.jgn salah diagnosa
RobertoNews 1746 《11.1.24 (07.42)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait