HotNews : Gula darah drop, Jangan Panik dan Cemas……

  • Whatsapp
www.beritalima.com

RobertoNews : LANGKAH APA YANG SEGERA DIAMBIL….?

Sebagai seorang praktisi medis harus bersiap siap menghadapi penderita Diabetes yang memiliki 2 kondisi bertolak belakang yakni Gula darah terlalu tinggi disebut HIPERGLIKEMI dan Gula darah drop ( HIPOGLIKEMI).

Kasus gula darah drop boleh dikatakan hampir setiap hari kita mendapat kabar dari keluarga penderita Diabetes Mellitus Tanda tanda Hipoglikemi adalah kondisi penderita lemas sulit bicara,keringat dingin,jantung berdebar bila tidak segera diatasi penderita akan tak sadar diri menyebabkan keluarga penderita bertambah cemas.

Bila kita menguasai pengetahuan ini maka akan mengurangi kecemasan menghadapi gula drop yang mencekam! Untuk menghindari kecemasan n kegalauan kami mengajak anda membahas bagaimana cara mengatasi kondisi Hipoglikemia atau dikenal Gula darah drop !

www.beritalima.com

Penyebab hipoglikemia bermacam-macam, namun kasus yang parah bisa dipicu faktor genetik.
Berdasarkan kriteria IDF kadar gula darah normal antara 126-200mg/dl.
Kadar gula darah dikatakan normal jika angkanya 70-99 mg/dL, dengan catatan diukur setelah puasa atau tidak makan selama 8 jam. Kadar gula darah yang diukur 2 jam setelah makan dikatakan normal jika berkisar antara 70-145 mg/dL.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

APA ITU GULA DARAH DROP?
Hipoglikemia adalah gula darah drop dibawah 70mg/dl menimbulkan gejala badan menggigil, gemetar, pandangan kabur, jantung berdebar debar Hal ini dapat terjadi karena ketidak seimbangan antara makanan yang dimakan dan latihan jasmani serta obat yang digunakan.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Hipoglikemia merupakan kondisi yang ditandai kadar gula darah yang sangat rendah dalam darah.
Kondisi tersebut dapat mengancam nyawa, sebab jika kadar gula dalam darah rendah maka organ-organ tubuh tidak punya cukup energi untuk bekerja.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

TANDA TANDA HIPOGLIKEMIA
1.badan lemas terasa lapar berat
2.pandangan kabur
3,gemetaran
4.kedingan
5.jantung debar debar
6.kebinggungan
7,kejang sampai tak sadar diri

www.beritalima.com
www.beritalima.com

GULA DARAH DROP TERBAGI 2 TIPE:
1. Hipogikemia ringan (glukosa darah <70mg/dl) Gejala sulit berpikir,mata kabur,sakit kepala sulit
bicara dan mengantuk.
2.Hipoglikemia berat (glukosa darah <35 mg /dL) timbul kejang, koma dan hipotermia (suhu badan rendah).

www.beritalima.com

KONDISI APA PENCETUS GULA DARAH DROP
1. Puasa terlalu lama
2. Aktifitas fisik terlalu over
3. Orang tua nafsu makan kurang
4, Orang perjalanan jauh intake makanan kurang
5. Sedang dalam pengobatan Diabetes (suntikan insulin a obat diabetes)

TEORI MUTASI GEN PENCETUS GULA DARAH DROP
Para peneliti dari University of Cambridge menyatakan bahwa, mutasi pada gen AKT2 merupakan penyebab hipoglikemia yang parah. hal itu disimpulakan para ahli setelah mengamati 3 anak dengan mutasi gen AKT2.
AKT2 merupakan gen yang menerjemahkan kebutuhan insulin. Dengan adanya mutasi pada gen tersebut, sistem metabolisme tubuh ditafsirkan untuk bertindak seolah-olah insulin selalu ada sehingga kadar gula akan selalu turun hingga memicu hipoglikemia parah.Kondisi ini bisa diatasi pemberian obat pil untuk kanker nanun bertindak juga untuk gula darah drop! Prof Stephen O’Rahilly yang mempublikasikan temuan itu dalam jurnal Science berkata :”Sudah ada obat kanker yang bisa mengobati gen AKT1. Obat kanker tersebut juga bertindak melawan AKT2. Obat tersebut tersedia dalam pil yang dapat ditelan dan harus dipakai selama satu tahun,”

BEBERAPA LANGKAH MENGATASI GULA DARAH DROP
Dalam dunia medis kita tak terlepas dari kejadian yang tak diduga dalam satu proses pengobatan, seperti sedang mengobati kasus Diabetes Mellitus yang gula darah tiba drop

Langkah apa yang segera diambil sebelum telepon ke dokter:
1. Pasien masih sadar aktif segera test gula darah si sakit, apabila ;
a .Gula darah < 80 mg segera berikan 1 gelas air matang + 2 sendok gula) tau sirup manis atau makan, 30 menit kemudian pantau lagu gula naik atau turun
b, Gula darah < 60 mg segera berikan 1 gelas air matang + 4 sendok makan gula atau susu coklat/ coklat batangan, lalu cek ulang 30 menit kemudian.
2. Pasien udah tak sadar harus segera bawa ke Rumah Sakit ,jangan menunggu dokter datang ke rumah dan butuh waktu dokter datang gula bisa semakin turun dan mati.

Bagi penderita yang sedang mendapatkan terapi obat Gula menghadapi kondisi gula darah drop maka lakukan test gula dulu sebelum minum obat bila,
1. Gula darah < 100 mg ,obat gula segera STOP sementara
2. Gula darah < 100-200 mg ,obat gula diberi 1/2 tab dari dosis yang sedang diminum.

Bila penderita sedang mendapat suntikan INSULIN, bila
1. Gula darah < 126 mg ,suntikan insulin STOP sementara
2. Gula darah (126-200l) mg ,suntikan insulin dosis 1/2 dosis yang diberikan.

KESIMPULAN
Pengobatan langsung hipoglikemia melibatkan langkah cepat agar kadar gula darah dapat kembali pada kisaran normal, baik dengan makanan tinggi glukosa atau obat-obatan. Sedangkan untuk pengobatan jangka panjang, butuh identifkasi agar penyebabnya juga bisa diobati.
Pasien dengan kondisi hipoglikemia yang sangat parah harus makan melalui sonde lambung agar tidak kumat saat sedang tidur. ataupun diinfus dextrosa agar gula darah dijaga agar jangan drop lagi Jangan meremehkan kondisi gula drop ,segera ikuti langkah di atas, bila lalai melakukan tindakan
NYAWA BISA MELAYANG.
.Sekilas info, semoga bermanfaat.
RobertoNews 842 《29.3.2020(20.20)》

www.beritalima.com

Pos terkait