HotNews : Virus Corona “Darurat Kesehatan Global….”

  • Whatsapp

HotNews : Virus Corona “Darurat Kesehatan Global….”
RobertoNews : WASPADALAH VIRUS CORONA,
Di awal tahun 2020 terjadi 2 kasus kasus yang menghebohkan dunia yakni
1 januari 2020 Jabodetabek banjir memakan puluhan korban tak berdosa.
5 Januari 2020 terjadi wabah virus corona merenggut 59 nyawa dan ribuan orang sedang dirawat di RS Wuhan China.

Di awal tahun 2020 Wuhan, salah satu kota di China tiba-tiba diserang virus misterius. Virus ini mulai menyerang kota tersebut dengan wabah yang diduga menyerupai pneumonia China.
Pnenumonia Wuhan berat ini pertama kali ditemukan setika 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan di kota itu mengalami gejala seperti pneumonia.

Ilmuwan MRC Centre for Global Infectious Disease Analysis di Imperial College di London yang srlalu memberikan perkembanfgan kesehatan Global ke WHO mengatakan jumlah orang yang terkena dampak di kota Wuhan memperkirakan total 1.723 kasus per 12 Januari.2020
Pejabat kesehatan masyarakat mengkonfirmasi ada lebih dari 300 kasus virus corona baru, yang diberi label “2019-nCoV,” di China. Beberapa pasien sakit kritis. Pihak berwenang China mengatakan banyak pasien dengan penyakit itu awalnya melakukan kontak dengan makanan laut yang dijual di pasaran.

Badan Kesehatan China (CDC) bersama WHO juga masih memantau situasi di Wuhan. CDC merekomendasikan orang yang bepergian ke Wuhan, China, harus menghindari kontak dengan hewan, pasar hewan, dan orang sakit.

Di minggu ke-3 tahun ini,Perkembangannya virus corona sudah menyebabkan korban jiwa bertambah dan ratusan lainnya dalam kondisi yang parah. Virus corona sudah menyebabkan sembilan orang meninggal dan 440 korban terinfeksi di China.

Prof.Xia Jianguo menyatakn bahwa penyebab wabah Wuhan inin adalah sejenis virus Corona baru setelah dilakukan penelitian para ahli kesehatan China. Sebanyak 15 kasus, sudah positif dari tipe baru corona virus yang mana sudah terdeteksi di laboratorium melalui tes pada sampel darah yang terinfeksi dan usap tenggorokan,
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi penemuan awal virus corona baru tersebut dalam sebuah pernyataan. Jenis coronavirus ini adalah 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV).

APA ITU CORONAVIRUS .
Coronavirus termasuk ke dalam keluarga besar virus yang biasanya menginfeksi hewan, namun lambat laun dapat berevolusi dan menyebar ke manusia. Gejala pertama yang akan terlihat pada manusia yang terinfeksi virus tersebut yaitu demam, batuk dan sesak napas, yang dapat berkembang menjadi pneumonia.

GEJALA VIRUS WUHAN
1, demam karena radang di jaringan paru,
2. batuk baik kering atau berdahak,
1. kesulitan bernapas

CARA PENULARANN VIRUS CORONA
Karena berasal dari keluarga yang sama dengan SARS, virus corona atau virus pneumonia Wuhan ini awalnya diprediksi menyebar melalui pernapasan (udara)

DARURAT KESEHATAN GLOBAL:
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi penemuan awal virus corona baru tersebut dalam sebuah pernyataan. Jenis coronavirus ini adalah 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV). Virus Corona di Wuhan ditetapkan sebagai masalah Darurat Kesehatan Global

WHO dapat mendefinisikan suatu virus atau wabah ke dalam keadaan darurat (Public Health Emergency of International Concern) jika virus tersebut berada dalam kategori “peristiwa luar biasa” yang “serius, tidak biasa atau tidak terduga.”

WHO pernah menerapkan status Darurat Kesehatan Global pada
1.Tahun 2009 untuk wabah Polio
2.Tahun 2014 untuk wabah Ebola
3.Tahun 2016 untuk wabahVirus Zika
4.Tahun 2019 untuk virus Ebola di negara Kongo yang menewaskan 2000 rang.
5,Tahun 2020 untuk virus Corona di Wuhan

VIRUS CORONA MEWABAH DUNIA
1. CHINA :Wuhan dianggap sebagai episentrum wabah virus corona di China. Beberapa kota lain selain Wuhan juga sudah dilaporkan menjangkiti Shanghai dan Beijing.
2. THAILAND juga mendeteksi virus baru tersebut pada seorang turis dari China yang datang dari Wuhan.
3. JEPANG :Kementerian kesehatan Jepang mengatakan bahwa seorang pria yang mengunjungi Wuhan – lokasi awal penyebaran penyakit, dirawat di rumah sakit pada 10 Januari 2020, empat hari setelah kepulangannya ke Jepang. Dia melaporkan diri karena mengalami demam yang persisten.
4. KOREA ; Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mengungkapkan seorang wanita China berusia 35 tahun yang terbang dari Wuhan dipastikan memiliki jenis coronavirus terbaru
5. TAIWAN juga melaporkan adanya kasus pertama positif virus corona.
6. AMERIKA SERIKAT mengumumkan keberadaan kasus perdana virus corona di negara
tersebut.karena Seorang warga AS yang usai berkunjung ke Wuhan dinyatakan
positif terkana virus corona.
7. MAKAU yaitu pada seorang perempuan 52 tahun yang pekan lalu sempat mengunjungi Wuhan, China, tempat virus menyebar pertama kalinya.
8. INDONESIA ;Meski belum ada laporan kasus adanya pasien atau terduga pasien yang tercatat di Indonesia, kepanikan masalah kesehatan ini juga sampai ke Indonesia.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, kewenangan untuk mengeluarkan rekomendasi, termasuk meminta negara-negara untuk
1.menerapkan larangan perjalanan atau perdagangan apapun
2.bantuan dari luar untuk mengumpulkan uang dan bantuan lainnya.

PENCEGAHAN :
“Tidak ada vaksin pneumonia Wuhan.” kata Dr.Erlina Burhan, Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP PDPI) mengatakan banyak orang menginginkan divaksin supaya terhindar dari penyakit ini. Hanya saja dia menegaskan sampai saat ini belum ada vaksin khusus pneumonia Selanjutnya mengatakan pembuatan vaksin memerlukan waktu lama sehingga tidak mungkin vaksin ditemukan dan dipasarkan sesaat setelah terjadi outbreak.

Beberapa Tip untuk pencegahan :
1.mencuci tangan menggunakan sabun dan air,
2.menghindari menyentuh mata, hidung atau mulut dan
3.menjauhkan diri dari orang sakit.
4.penggunaan masker untuk melindungi diri dari virus itu.

Cara melindungi orang lain agar tidak tertular
1. Tetap istirahat di rumah.
2. Hindari kontak dekat dengan orang lain.
3. Tutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu saat batuk dan bersin.
Buang tisu ke dalam tempat sampah dan cuci tangan.
4. Bersihkan benda-benda di sekitar.

HIMBAUAN :
Masyarakat juga diimbau untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Konsumsi makanan bergizi dengan menu seimbang dan lengkapi asupan dengan buah serta sayur. Lakukan pula aktivitas fisik selama 30 menit per hari.
Pada kesempatan ini kami memyampai ” Selamat Hari Raya Imlek 2571 bagi yang merayakan
Mari kita hidup sehat ini kaya adalah harta yang tak ternilai,Anda Sehat Kami Bannga.!”
RobertoNews 828 《25.1.2020 (10.11))》

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *