Ijen Trail Running 2019 Akan Diikuti Pelari Internasional dari 20 Negara

  • Whatsapp
Suasa ijen Trail running tahun sebelumnya 2018 (foto istimewa)

BONDOWOSO, beritalima.com – Ajang lomba lari internasionl lintas alam Ijen Trail Running (ITR) kembali di gelar tahun ini. Tema ITR 2019 adalah Race To The Blue Fire. Tema ini diusung untuk semakin meneguhkan keindahan alam Kawah Ijen yang terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

Race to The Blue Fire merupakan rangkaian dari Asia Trail Master Championship 2019. Dalam setahun hanya ada 5 even sejenis yang bisa digelar di setiap negara. Ijen Trail Running adalah salah satunya.

Tak hanya itu, Ijen Trail Running 2019 sudah terdaftar di Internasional Trail Running Asociation (ITRA) dan telah mendapatkan point Ultra Trail Du Mount Blanc (UTMB). UTMB sendiri adalah event trail running tersohor di dunia dimana untuk mengikuti event tersebut, setiap pelari diwajibkan memiliki minimal 15 point dalam 3 race.

Pelari Ijen trail running saat melintas kaki gunung Ijen (foto istimewa)

Serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, ITR kali ini diikuti oleh pelari dari berbagai negara. Penyelenggara ITR, Alfan Impriadi mengatakan tercatat sudah ada 350 pelari yang berasal dari 20 negara telah mendaftar dalam ajang tahunan ini.

“Mereka berasal dari Brazil, Brunei, Malaysia, Jepang, USA , Thailand, Slovakia, Filipina, India, Taiwan, Myanma, Perancis, Republic Ceko, Tiongkok, Denmark, Belanda, Belgia, Argentina, Jerman dan Indonesia,” kata Alfan Impriadi.

Dalam race ini, penyelenggara menggunakan teknologi khusus untuk mencatat waktu tempuh setiap pelari. Kata Alfan, teknologi Race Timing dan Check Point digital dipakai agar catatan waktu dan pergerakan pelari dari setiap check point bisa dideteksi.

“Jadi semua bisa terdeteksi. Kalau ada pelari yang tersesat atau berhenti kita bisa segera tahu dan mengirimkan bantuan,” katanya.

Kata Alfan, tahun ini ITR membuka lima katagori perlombaan yakni *100K (ultra), 70K (ultra), Kawah Wurung Trails 42K, Hot Spring Trails 21K, dan Coffee Plantation Trails 10K*.

“Peserta kategori 100K dan 70K akan melewati Puncak Kawah Ijen. Untuk kategori 42 akan dapat menyaksikan keindahan panorama Kawah Wurung dengan background Gunung Raung serta Gunung Ijen,” jelasnya.

Ijen Trail Running juga bekerjasama dengan beberapa negara di Asia untuk menyediakan Podium Exchange melalui race di Four Trails Thailand dan Vertical to Sky Mountain Race di Philipina.

Pemenang podium di lomba tersebut berhak mengikuti ijen trail running 2019 secara gratis. Begitu juga sebaliknya pemenang podium 100K ijen trail running 2019 berhak mengikuti Four Trails Thailand dan Vertical to Sky Mountain Race di Philipina yang diadakan sepanjang tahun 2019. (*)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *