Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Batalyon A-Usu Gelar Bhakti Sosial Kesehatan Secara Gratis

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI- beritalima.com-
Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Batalyon A-USU antusias memeriksakan kesehatan diri untuk memberikan pengobatan secara gratis terhadap ratusan masyarakat dalam saat menggelar Bhakti Sosial Pelayanan Kesehatan di SDN No. 105405, Dusun II, Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai, Sabtu (10/2).

Bhakti Sosial Pelayanan Kesehatan Gratis oleh Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Bataliyon A -USU bekerjasama dengan Pemkab Sergai, Dinkes Sergai dan RSU Trianda, Ikayon A-FK USU, dan Dinkes Sumut.

Selain Bupati Sergai H. Soekirman, kegiatan ini juga dihadiri sesepuh Resimen Mahasiswa Maharata Mitar Pelawi, SH, MH, Kolonel Pariyani Perwakilan dari Jakarta, Letkol Marshal, Perwakilan PT Socfindo Ahmad Sible, para Kepala OPD Sergai, Camat Teluk Mengkudu, unsur Muspika Kecamatan, para pengurus Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Bataliyon A-USU, tenaga medis dari jajaran Dinas Kesehatan Sergai serta serta puluhan masyarakat peserta bakti sosial.

Ketua Panitia Penyelenggara Syamsul Rizal Damanik, SE, Ak dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang mereka lakukan sejak tahun 1979.

“Sebelumnya Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa juga telah menyelenggarakan bakti sosial yang sama di Sergai namun di tempat yang berbeda. Sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat kami akan terus berupaya menyelenggarakan kegiatan bakti sosial secara berkelanjutan,” kata Syamsul.

Ditambahkannya, kegiatan ini dimaksud untuk membantu masyarakat kurang mampu serta merupakan wujud semangat perjuangan dan pengabdian tanpa pamrih tanpa ada bantuan manapun juga. Kegiatan yang sama juga akan diselenggarakan di Kabupaten Sergai dan direncanakan lokasinya di Kecamatan Sipispis dan Kotarih nantinya.

Bupati Sergai Soekirman menyampaikan, kesehatan merupakan salah satu program prioritas yang harus mendapatkan perhatian khusus dari Pemkab Sergai sebab sehat merupakan modal utama dalam meningkatkan kesejahteraan serta prekonomian masyarakat, sehat juga dapat meningkatkan umur harapan hidup seorang manusia.

“Kegiatan ini sangat positif. Dengan adanya kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan alumni Resimen Mahasiswa USU ini, maka akan mendatangkan tenaga-tenaga medis dan dokter spesialis di desa ini. Mungkin saja selama ini sudah dilaksanakan kegiatan kesehatan oleh Puskesmas, namun tidak terpantau dan kelihatan oleh kita,” kata Bupati.

Jadi, kata Bupati yang juga alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) USU, tidak perlu malu dengan pihak luar akan keberadaan daerah yang jauh dan tertinggal.

“Karena melalui kegiatan seperti ini kita bisa saling belajar meningkatkan pengetahuan. Tadi,terlihat antusiasnya masyarakat untuk memeriksakan kesehatan dan berobat tanpa bayar ini,” ujarnya.

“Kedepan diharapkan pihak Kecamatan, Desa dan semua pemangku jabatan proaktif dalam hal kesehatan. Jalinlah kerjasama dengan pihak kesehatan luar daerah. Begitu juga halnya mahasiswa yang ada disini dapat juga menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dengan menjalin kerjasama dengan pihak luar daerah,” lanjut Bupati.

Lebih lanjut dikemukakan Bupati Soekirman, kesehatan itu dapat diraih dengan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan berbahan organik yang jauh dari bahan kimia.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus dan selalu memeriksakan kesehatannya secara teratur serta menerapkan pola hidup sehat, mencegah lebih baik dari pada mengobati,” ajak Bupati.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit usai meninjau warga berobat menuturkan, ada tiga desa warga yang mengikuti kegiatan ini.

“Pemeriksaan dan pengobatan gratis ini diikuti sebanyak 218 orang lebih yang meliputi pemeriksaan darah tinggi, USG, pemeriksaan penyakit dalam, kesehatan umum dan kolesterol,” kata dr. Bulan. (Sugi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *