Inspektorat Halbar Sosialisasi SPIP

  • Whatsapp

Jailolo, beritalima.com – Inspektorat Daerah kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, melakukan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) sebagai upaya untuk menerapkan SPIP secara menyeluruh di lingkup SKPD Pemkab Halbar, berlangsung di Aula Bidadari, lantai I kantor Bupati, Rabu (20/12/2017).

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Halbar Danny Missy, menyampaikan, dengan sosialisasi ini seluruh keterwakilan masing – masing SKPD turut serta terlibat aktif dalam rangka memahami konsep pengendalian internal pemerintah, serta meningkatkan kapabilitas SPIP.

Apalagi, lanjut Danny, SPIP ini harus melekat pada diri kita masing – masing sebagai bagian dari sistem yang tidak dapat dilepas/pisahkan karena semuanya berkaitan.

“Sosialisasi merupakan momentum untuk penguatan SPIP di lingkungan Pemkab Halbar agar tingkat kematangan pelaksana SPIP pada Pemkab Halbar,”ketusnya.

Sementara Kepala Inspektorat Daerah Pemkab Halbar, Julius Marau, mengatakan, sosialisasi ini merupakan implementasi dari PP No. 60 Tahun 2008 tentang SPIP, sehingga regulasi mengharuskam masing – masing lembaga dapat melaksanakan Sistem Pengendalian Intern secara baik.

“Ini baru tahap pertama dan mereka yang hadir sebagai peserta menjadi satgas SPIP, agar bentuk memastikan pelayanan yang ada dan betul – betul terialisasi.

“Jadi target 2018 sudah mulai maksimal,”tandasnya.

Julius menambahkan, langka tersebut sebagai rencana tindak lanjutnya, setelah SOP juga sudah terbangun sehingga benar – benar melaksanakannya.

“Kami tetap monitor dan memantau perkembangannya,”ujarnya.

Sekedar diketahui, turut hadir sebagai narasumber sosialisasi tersebut diantaranya, Kepala BPK-P Maluku Utara Indra Khaira Jaya. Serta dua anggota BPK-P Malut Mardianto Arif dan Maryanto P. Soekidi, dengan jumlah peserta sebanyak 135 orang. (ssd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *