Istri PM Selandia Baru Tertarik Batik dan Bordir Khas Jatim

  • Whatsapp
Ibu Gubernur Prov Jatim Beserta Ibu Perdana Menteri New Zeland Melihat Seni Ukiran Batik Di Sentra UKM Di Gedung Negara Grahadi Surabaya

JAWA TIMUR, beritalima.com – Istri Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Bronagh Key tertarik dan kagum pada batik dan bordir khas Jatim. Ketertarikannya disampaikan dihadapan Ketua Dekranasda Prov. Jatim Ny. Dra. Hj. Nina Soekarwo, MSi ketika mengunjungi Pameran Trade, Tourism and Investment (TTI) Kunjungan Perdana Menteri Selandia Baru di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (19/7).

Saat mengunjungi stand pameran, Istri PM Selandia Baru yang didampingi Ketua Dekranasda Jatim Budhe Karwo sangat antusias terhadap produk-produk kerajinan baru, bahkan sempat mengutarakan keinginannya untuk mencanting batik dan membordir kain. Ketertarikannya terhadap batik disambut baik Bude Karwo dengan menyerahkan cinderamata kain batik kepada Istri PM Selandia Baru.
Selain tertarik pada batik dan bordir, Istri PM Selandia Baru Bronagh Key juga tertarik pada kerajinan tembaga khas Mojoagung, Kabupaten Jombang dan manik-manik kaca khas Jombang. Kalung yang terbuat dari manik-manik hasil daur ulang kaca menjadi daya tarik tersendiri bagi Bronagh Key.
Seusai mengunjungi stand pameran, Bude Karwo, sapaan lekat Istri Gubernur Jatim mengatakan bahwa Istri PM Selandia Baru tersebut sangat kagum terhadap batik, bordir, serta kerajinan khas Jatim. Hal ini disebabkan karena di Jatim, batik banyak menggunakan pewarna alam bukan pewarna kimia. Sehingga produk batik yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

“Beliau (Istri PM Selandia Baru) sangat kagum tertutama bordir dan batik. Terkesan karena di Jatim banyak yang menggunakan warna alam bukan warna kimia, jadi lebih ramah lingkungan. Beliau juga ingin mempraktikan bordir dan mencanting, namun karena keterbatasan waktu jadi tidak bisa. Padahal mereka ingin menikmati banyak waktu untuk melihat dan membeli produk khas Jatim,” jelasnya
Dalam pameran itu, terdapat stand antara lain Athaya Batik Madura, Olive Batik, Dewi Saraswati Batik, Margriet, Norrisa Milliarta, Maharani, UD. Medali Mas, Nilo Batik Pacitan, Batik Rara, Batik Al Huda, Dintje Art Stone Jewellery, GMC Collection, Enny’s Leather, Millie Handmade, Virces Handicraft, Ganesya, Permata Indah, UPT P3E Surabaya, MS Sulam, dan PT. Sekar Laut. (**).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *