Jalan Damai Sengketa Pileg DPRD Jatim Gunawan dan Saifudin Klarifikasi di DPD PDIP

  • Whatsapp
Sengketa Pileg DPRD Jatim Dapil VI Malang Raya saat Proses Klarifikasi di DPD PDIP Jatim.

Malang, beritalima.com | Sengketa pilihan Legislatif (Pileg) DPRD Jatim Dapil VI Malang Raya antara H Gunawam dan Saifudin Zuhri, akhirnya menempuh jalan damai dan kekeluargaan, hingga jalur damai itupun langsung mendapatkan apresiasi dari DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

“Saya mengapresiasi kesepakatan damai yang telah diambil H. Gunawan dan Saifudin Zuhri, saya pun menaruh hormat kepada Bapak Said Abdullah dan Bapak Ahmad Basarah selaku Ketua DPP yang juga memberikan penguatan moral kepada mereka berdua dalam menyelesaikan permasalahan sengketa Pileg dengan cara kekeluargaan,” ungkap Ketua Harian DPD PDI Perjuangan Jatim H Budi Sulistyono, di Kantor DPD PDIP Senin, (25/3/2024).

Bacaan Lainnya

Menurut Mbah Kung sapaan akrab Budi Sulistyono, dengan penyelesaian seperti ini bisa menjadi role model para Caleg PDI Perjuangan se Jawa Timur.

“Dan kami akan terus mendorong ke arah sana,” ujarnya.

Diketahui bahwa kedua kader Perwakilan yang bersengketa diundang ke kantor DPD PDI Perjuangan Jatim di Surabaya untuk melakukan klarifikasi. Gunawan datang diwakili putranya, Vebry Wirantha, sedangkan Saifudin datang sendiri secara langsung.

Dalam klarifikasi tersebut, Vebry yang mewakili sang ayahanda menyampaikan bahwa dia merasa bersyukur karena, permasalahan tersebut telah selesai dengan baik secara kekeluargaan.

“Saya menyampaikan suasana batin abah saya, beliau menyampaikan rasa syukur alhamdulillah, karena keinginan abah menyelesaikan masalahnya dengan adik beliau, Mas Saifudin Zuhri, berjalan sesuai harapan,” kata Vebry.

Dan yang membuat istimewa, menurut Vebry bahwa keinginan jalan damai tersebut, berkat dukungan moral dari Ahmad Basarah, Buya Said Abdullah, dan Kanang.

“Jadi tidak berlebihan kalau saya mewakili keluarga H. Gunawan menyampaikan rasa terima kasih dan rasa hormat saya kepada tiga panutan saya tersebut,” ungkapnya.

Vebry, menilai bahwa sosok Ahmad Basarah, Said Abdullah, Budi Sulistyono merupakan pemimpin pemersatu, dan optimis ke depan PDI Perjuangan akan semakin solid dan tetap menjadi partai besar.

“Saya mengenal Pak Ahmad Basarah sejak 2014, selama mengenal beliau sebagai orang yang selalu menjaga silaturahmi dan  persatuan, juga tidak ada dari sikap dan pemikiran beliau yang pilih kasih, hanya mengistimewakan orang-orang dekatnya, itulah yang membuat saya optimis bahwa beliau akan menyambut baik keinginan abah dan Mas Saifudin Zuhri menyelesaikan masalahnya dengan cara kekeluargaan. Dan benar saja, setelah saya menghubungi Pak Ahmad Basarah, beliau langsung menyambut baik niat kami,” ujar Vebry.

“Begitupun dengan Buya Said Abdullah dan Pak Kanang, walaupun mengenal beliau berdua waktunya tidak selama saya mengenal Pak Ahmad Basarah, saya juga punya keyakinan bahwa beliau berdua adalah sosok yang bijaksana  dan tidak menginginkan perpecahan sesama kader partai. Saya tidak bisa berkata-kata untuk menggambarkan kebahagiaan suasana batin saya hari ini atas sikap bijaksana elit-elit PDI Perjuangan tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Saifudin Zuhri menuturkan jika dirinya menaruh rasa hormat kepada DPP PDI Perjuangan dan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Menurutnya, para pimpinan tersebut sangat bijaksana dalam menyikapi setiap persoalan dan mencari solusinya.

“Kebijaksanaan beliau-beliau untuk kami adalah dorongan semangat untuk terus berjuang demi kejayaan PDI Perjuangan, dan sebagai seorang kader Soekarnois,  saya akan senantiasa setia berjuang membesarkan PDI Perjuangan dengan bimbingan para pimpinan dan senior-senior partai,” tandasnya.

Sebelumnya, pada Jumat (22/3/2024) sengketa hasil Pileg Provinsi Jawa Timur antar Caleg PDI Perjuangan  yang melibatkan H. Gunawan dan Saifudin Zuhri berakhir damai. Keduanya bersepakat untuk kembali saling rangkul demi PDI Perjuangan. Ada peran politisi senior PDI Perjuangan, Ahmad Basarah yang mengajak Gunawan dan Saifudin untuk duduk bersama mencari solusi terbaik.

 

Redaksi : Santoso

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait