Jalan di Pusat Pemerintahan dan Kantor Bupati Halbar, Rusak Parah

  • Whatsapp

JAILOLO,beritaLima.com – Jalan dibeberapa titik Wilayah Pemerintahan Kantor Bupati Halmahera Barat rusak parah.

Salah satu pengguna jalan Fais saat ditemui Kamis (4/02/2021), menyatakan kerusakan jalan yang berada di depan toko Fajar Bangunan dan depan SMP Negeri 2 Halbar sudah cukup lama.

Ia juga menyebutkan jalan tersebut sebenarnya harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah karena masuk dalam induk Pemerintahan Kabupaten Halmahera Barat karena langsung menghubungkan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Halbar.

“Karena sejauh ini seperti yang saya amati beberapa kendaraan yang lewat juga hampir terjadi Kecelakaan,” ujarnya.

Ia mengaku hal ini sangat membahayakan nyawa pengguna jalan apalagi lewat dimalam hari yang kurang adanya penerang sedangkan banyak jalan berlubang terkadang roda kendaraan terperosok ke lubang.

“maka diharapkan secepatnya Pemda lakukan perbaikan dalam hal ini dinas terkait PUPR Halbar,” pintanya.

Jadi harapannya Pemda agar secepatnya melakukan kebijakan melalui anggaran apa saja setidaknya untuk memperbaiki.

Selain itu berdasarkan amatan wartawan lubang yang tersebar di badan jalan itu sekitar ada 6 lubang besar pas didepan toko Fajar Bangunan dan juga jalan dengan lubang besar pas di depan gerbang kantor Bupati Halbar yang rusak parah, lubang juga terlihat dijalan samping kantor PDAM Jailolo, dan jalan menuju Kantor Capil Halbar ada sekitar dua lubang besar.

Berdasarkan pantauan juga ketika musim hujan air menggenang di ruas jalan SMP 2 Halbar yang juga sering kali terjadi banjir sehingga ketika musim hujan lebat para pengendara tidak bisa melewati jalan tersebut.

Selain itu juga anggota komisi III DPRD Halbar Asdian Taluke saat ditemui, menyatakan kerusakan jalan di depan SMP Negeri 2 Halbar dan Toko Fajar Bangunan itu sudah bertahun-tahun.

“Ini butuh perhatian Pemerintah Daerah terutama dinas terkait, kalau misalnya Bupati dalam hal ini hanya keluar daerah maka persoalan di Daerah akan tersendat,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan kerusakan jalan ini juga dikhawatirkan menimbulkan korban jiwa.

“Jadi sebelum timbulnya korban maka pemerintah daerah dalam hal ini PUPR harus cepat memperbaiki jalan yang rusak ini,” cetus Politisi Partai Gerindra ini.

Sementara itu Kadis PUPR Halbar Muhammad Yusuf saat ditemui dikantor Bupati menyampaikan pihaknya sudah usulkan anggaran ditahun ini 2021.

“Dan kami prioritaskan untuk jembatan dulu didepan SMPN 2 Halbar ditahun ini bakal dilelang,” ujarnya.

Menurutnya diutamakan untuk menutup lubang dijembatan itu yang sudah membesar.

“Pokoknya jembatan dulu setelah itu baru jalan,” ujarnya.(Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait