Jalur SNMPTN di Buka, Siswa Diminta Aktif Cari Program Studi

  • Whatsapp
Prof. Dr. Slamin
Prof. Dr. Slamin

JEMBER, beritalima.com| Program jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Jember di buka, siswa diminta aktif cari informasi program studi.

Penerimaan mahasiswa baru tahun 2021, diawali dengan pendaftaran untuk jalur SNMPTN, sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Bacaan Lainnya

Dari itu, mulai tanggal 15 hingga 24 Februari 2021, siswa yang dinyatakan eligible dapat mendaftarkan diri ke program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilihnya.

Sebelum memilih program studi yang diminati, siswa hendaknya aktif mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai program studi tersebut agar tidak salah pilih.

Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Prof. Dr. Slamin di Kampus Tegalboto (15/2/2021), menyampaikan, siswa dapat mencari informasi mengenai program studi melalui laman PTN dan program studinya, biasanya sudah tersedia informasi mengenai profil program studi, akan belajar apa hingga prospek kerjanya.

“Termasuk persyaratan yang diperlukan untuk masuk ke program studi tersebut. Bahkan kalau perlu siswa bisa bertanya dan berdiskusi dengan pihak PTN melalui bagian Humasnya,” jelas Prof. Slamin.

Guru besar di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember juga mengatakan, pada jalur SNMPTN 2021 ini Universitas Jember menyiapkan 2.272 bangku kuliah.

Wakil Rektor I Universitas Jember juga menegaskan, bahwa siswa lulusan SMK dapat memilih program studi yang ada di Universitas Jember, syaratnya linear dengan jurusannya saat di SMK.

“Jadi siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dapat memilih program studi yang ada di Fakultas Ilmu Komputer, atau siswa SMK jurusan Akuntansi bisa memilih Program Studi Akuntansi begitu dan seterusnya,” terangnya.

Memang, ada program studi yang menerima dari semua jurusan, namun ingat ada pula program studi yang hanya menerima siswa dari jurusan tertentu saja. Makin linear antara jurusan di saat sekolah dengan program studi yang akan dipilih maka peluang diterima masih terbuka.

“Hal ini juga sesuai dengan saran LTMPT agar siswa sebaiknya tidak lintas jurusan,” imbuh guru besar di bidang teori Graf ini.

Sementara itu Wakil Koordinator Humas Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto memaparkan, data pendaftar di Universitas Jember di jalur SNMPTN tahun 2020 lalu. Berdasarkan data dari Bagian Akademik ada 22.043 siswa dari seluruh penjuru nusantara yang mendaftarkan diri ke Universitas Jember.

Dari jumlah tersebut hanya 2.362 orang saja yang lolos seleksi. Universitas Jember sendiri saat ini memiliki 59 program studi jenjang sarjana yang ada di Kampus Tegalboto, Jember dan Kampus Bondowoso.

Reporter : Sugi 

Redaktur : Santoso

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait