Jazuli Juwaini Serahkan Gaji DPR RI Untuk Bantu Korban Banjir Lebak, Banten

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Musibah banjir serta longsor yang menimpa berbagai daerah di tanah air membutuhkan penangan dan bantuan berkelanjutan baik dari pemerintah maupun komponen masyarakat. Salah satu daerah yang terparah terkena musibah akibat banjir dan longsor adalah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini serta Ketua DPW PKS Banten, Sanuji Pentamarta, jajaran pengurus dan tim Posko Bantuan PKS Lebak secara khusus mengunjungi para korban banjir. Mereka menyerahkan bantuan yang didonasikan dari gaji DPR RI Januari.
Pekan sebelumnya, Jazuli juga mengirimkan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Serang Banten yang terkena banjir.

“Hari ini kami datang untuk mengunjungi korban dan menyerahkan bantuan yang diperlukan sekaligus melihat penanganan korban serta hal-hal yang harus dilakukan agar banjir tidak terjadi lagi mengingat Lebak setiap tahun terkena banjir,” kata Jazuli.

Menurtu wakil rakyat Dapil Banten itu, salah satu mengatsi banjir di Lebak adalah segera dituntaskan pembangunan Waduk Karian. Pembangunan waduk ini adalah Program Pusat. Namun, masih terkendala pembebasan lahan.

“Saya menyimak pemaparan pemda dn relawan setempat, ada progam pembangunan Waduk Karian sebagai solusi jangka panjang banjir di Lebak. Namun, sayang terkendala pembebasan lahan yang belum dibayar tuntas.”

Dari 2226,44 ha lahan, yang belum diselesaikan pembebasannya 1007,77. Ini harus segera dituntaskan sebagai bagian dari upaya pencegahan banjir yang sangat urgen di Lebak.

Anggota Komisi I DPR ini mendapat informasi korban banjir dan longsor kebanyakan yang tanahnya terkena gusur untuk proyek waduk, sehingga kalau pemerintah segera membayarkan uang pembebasan tanahnya itu bisa sangat membantu meringankan beban mereka.

Menurut Jazuli, banjir Lebak butuh penangan serius pemerintah mengingat dampak terparah terjadi di daerah ini dibandingkan wilayah lain yang juga kena banjir. Banyak wilayah terisolir yang tidak terjangkau. Dalam catatan Posko PKS masayarakat terdampak 13.854 orang. Yang mengungsi 6.287 orang.

Tercatat 10 orang, empat orang masih hilang, rumah rusak berat 1.310 dan ratusan lainnya rusak sedang dan ringan.

PKS, kata Jazuli, mendirikan tiga Posko bencana Lebak di Somang (Sajira), Marak (Curug Bitung) dan Muhara (Lebak Gedong).

PKS telah menyalurkan bantuan berupa ratusan karung dan karton makanan, air bersih, pakaian bayi, pakaian layak, obat-obatan dan lain lain. Bantuan melalui posko PKS dapat dikirimkan melalui Rekening BSM Nomor 7020685314 atas nama Lili (Konfirmasi wa ke 085210455210/Lili Sekum). (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *