Jazuli: Pemerintah Harus Terapkan Strategi Komperhensif Atasi Wabah Virus Corona

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini meminta pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) melakukan strategi komprehensif dalam mengatasi wabah virus Corona dengan prioritas utama menyelamatkan rakyat Indonesia, tidak ada prioritas lain.

“Strategi komprehensif yang saya maksud adalah yang terukur, cepat serta tepat mulai strategi pencegahan, edukasi hidup sehat, penyemprotan disinfektan berbagai fasilitas publik hingga kebijakan jaga jarak atau social distancing. Bahkan, jika diperlukan langkah pengasingan atau lockdown sejumlah wilayah yang eskalatif penyebaran wabahnya,” ungkap Jazuli.

Dalam keterangan tertulis melalui WhatsApp (WA), Minggu (15/3) malam, Jazuli mengatakan, pada saat kondisi seperti ini, Pemerintah harus bertindak cepat dan cermat dalam mengambil kebijakan, kapan menerapkan social distancing seperti yang sudah dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) dengan meliburkan sekolah, menutup sementara tempat-tempat wisata, keramaian dan kapan harus melakukan pengasingan (lockdown).

“Ini bisa dimulai dari jalur atau pintu penerbangan dan pelabuhan.

Keselamat rakyat prioritas tertinggi saat ini. Kita semua mafhum pasti akan ada dampak ekonomi dan pertumbuhan. Tapi itu bukan prioritas sekarang. Pemerintah harus bertindak determinatif dalam mencegah persebaran virus ini,” jelas anggota Komisi I DPR RI ini.

Sebagai langkah antisipatif, lanjut Jazuli, Fraksi PKS DPR RI telah mengambil kebijakan terhadap stafnya di DPR (tenaga ahli, administrasi dan lainnya) bekerja di rumah terhitung 16 sampai 28 Maret 2020 sesuai perkembangan situasi. Ini bagian strategi social distancing dengan mengoptimalkan pekerjaan dari rumah sekaligus mencegah penyebaran virus corona.

“PKS siap bahu membahu bersama pemerintah dan komponen masyarakat untuk memasifkan pencegahan, edukasi dan mitigasi persebaran virus corona,” demikian Jazuli Juwaini. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait