beritalima.com

Joe Biden Melenggang ke Gedung Putih, Pecahkan 4 Rekor

  • Whatsapp

WASHINGTON DC, beritalima.com- Dengan 290 suara elektoral sementara yang diraih di pilpres AS, Joe Biden berhak melenggang ke Gedung Putih untuk menduduki kursi nomor satu di Amerika.

Biden unggul telak dari Trump yang belum beranjak dari 214 suara elektoral. Begitu pun dari sisi suara populer (popular votes), Biden memimpin 50,6 persen berbanding 47,4 persen hingga Minggu (8/11/2020) dini hari WIB.

Terpilihnya eks Senator Delaware sebagai presiden baru Amerika Serikat itu juga diiringi sejumlah rekor, yang dipecahkannya dalam perjalanan memenangi pemilu AS.

Biden mengungguli Donald Trump yang mengumpulkan 70.598.535 suara (47,7 persen).

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat yang ke 46 mengalahkan Donald Trump setelah unggul diperolehan elecktoral vote malam tadi.

beritalima.com

Belum banyak yang tahu profil Joe Biden dan sepak terjangnya di kancah politik Amerika.

Berikut ini profil singkat Joe Biden, Presiden Amerika Serikat terpilih serta kisah haru dan tragedi keluarga.

Joe Biden sebelumnya adalah wakil Presiden di era Barrack Obama kini karir politiknya moncer setelah dipastikan unggul di Pemilu Amerika dan menang atas Presiden Aerika sebelumnya, Donald Trump.

Joe Biden menjadi pilihan yang segar dimata para pemilih di negara Amerika setelah banyak sekali masalah dari Presiden sebelumnya dalam menghadapi masas pandemi dan isu rasial.

Banyak cerita sukses maupun tragedi keluarga yang mewarnai kehidupan Joe Biden, mulai kehilangan istri dan anak hingga sering dianggap kelas menengah. Namun tak banyak yang tahu kisah haru tragedi keluarga hingga daftar kekayaan dan karir politik Joe Biden.

Joe Biden pertama kali membawa karir politik sejak umur yang cukup muda. Kisah panjang politik pria berumur 77 tahun tersebut mengalami pasang surut hingga akhirnya mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika 2021 lewat partai Demokrat.

Nama aslinya adalah Joseph Robinette Biden Jnr yang lahir 20 November 1942 dan dibesarkan di kota Scranton, Pennsylvania, dalam sebuah keluarga Katolik Irlandia.

Ayahnya adalah seorang penjual mobil, tetapi ketika kota itu mengalami masa-masa sulit di tahun 1950-an dan dia kehilangan pekerjaannya, dia memindahkan keluarganya ke Delaware yang berdekatan ketika Joe Biden berusia 10 tahun.

“Ayah saya selalu berkata, Champ, saat kamu dirobohkan, kamu bangkit kembali’,” kata Biden. (Red).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait