Kabupaten Bireuen 357 Guru Ikut Seminar Nasional

  • Whatsapp

Bireuen- Aceh Beritalima.com     Bupati Bireuen H Ruslan M Daud membuka seminar nasional memperingati HUT Guru dan PGRI ke-71 diselenggarakan PGRI bekerjasama Dinas P dan K di Aula lama Setdakab Bireuen,Selasa 19 Oktober 2016.

Seminar Nasional menjadi guru profesional di Era Digital diikuti 357 guru terdiri dari guru TK, SD, MI, SMP, MTs, SMA dan MA berasal dari 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen turut dihadiri Kadis P dan K Drs Nasrul Yulainsyah, M PD, para Kepala Sekolah, kepala SKPK dilingkungan Pemkab Bireuen, Ketua MPD Bireuen, Ketua IGI Pusat Muhammad Ikhsan, Ketua Kobar-GB Aceh Sayuti Aulia dan sejumlah undangan lainnya.

Bupati Bireuen H Ruslan M Daud dalam sambutannya antara lain menegaskan, guru satu-satunya agen perubahan baik secara institusional maupun non institusional. Eksistensi guru yang kompeten dan professional syarat mutlak hadirnya system dan praktik pendidikan yang berkualitas. Hampir semua bangsa di dunia selalu mengembangkan kebijakan yang mendorong keberadaan guru yang berkualitas.

Salah satu kebijakan yang dikembangkan pemerintah di banyak negara dengan menempatkan bidang pendidikan sebagai bidang yang perlu mendapat perhatian, khususnya dibidang penguasaan bidang teknologi.

Bupati Ruslan berharap, momentum seminar dapat memotivasi para guru untuk melaksanakan tugas mengajar lebih profesional dalam menghadapi pendidikan di era globalisasi , sesuai tema “ Menjadi Guru Profesional di Era Digital”. Secara global, guru dihadapkan para murid yang tidak lagi menunggu informasi dan pelajaran dari guru. “Mereka sudah bsa  mengakses informasi melalui internet bahkan mata pelajaranpun bisa  didapat melalui media sosial,” ujar Bupati Ruslan.

Guru dituntut benar-benar profesional, jika tuntutan itu tidak segera direspon oleh semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya para guru dan pemangku kepentingan lainnya, kita akan jauh tertinggal di tengah peradaban bangsa menuju era global.

Ditegaskan, peran guru faktor terpenting dalam upaya mendorong pendidikan nasional, sedangkan kualitas pendidikan merupakan faktor penentu kualitas seluruh aspek kehidupan masyarakat, baik ekonomi, moral danm sosial budaya.Seluruh tenaga pendidik/guru diberbagai jenjang pendidikan dalam wilayah Kabupaten Bireuen agar mempersiapkan diri dalam menghadapi era digital dengan menguasai teknologi dan informasi.

Terkait peningkatan kualitas guru di era informasi dan teknologi perlu diambil langkah terobosan, agar penerapan system digital dapat terlaksana.

Diakhir sambutannya, Bupati Ruslan mengingatkan, memasuki tahun politik sekarang ini, para guru tidak mudah terpancing dengan isu yang dapat merusak perpecahan bangsa. Sebagai guru harus cerdas berkewajiban mengamankan Pilkada 2017 “Harus Jadi”, pintanya.

Ketua PGRI Bireuen Drs Zainuddin, M Pd  kepada Beritalima.com mengatakan, seminar nasional sehari diikuti 357 guru se-Kabupaten Bireuen,  sebagai nara sumber diberikan Muhammad Ikhsan dari Surabaya selaku Ketua IGI pusat dan Sayuti Aulia Ketua Kobar-GB Aceh, hinga selesai. (Abdullah Peudada)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *