Kali Kedua Dispotdirga AU Adakan Jambore Airsport 2019 di Bandara Khusus Pusdirga AU

oleh -38 views

JAKARTA, beritalima.com – Kali kedua Dispotdirga AU adakan Jambore Airsport 2019 di Bandara Khusus Pusdirga AU, Cibubur, Jakarta Timur. Jambore Airsport 2019 yang diselenggarakan Dinas Potensi Dirgantara AU itu menampilkan pesawat trike/micrtolight, pesawat PITTS, paramotor gantolle, paralayang, swayasa/fix wing, aeromedlling, dan drone wing day RPL dan BRPL. Masing – masing pilot melaksanakan demonstrasi di udara 10 – 40 menit tergantung jenis airsportnya.

Pembukaan yang dihadiri Kepala Dinas Potensi Dirgantara dan masyarakat sekitar, disambut dengan aeromedlling dan drone sebagai pembuka atraksi. Namun dikatakan Kolonel Penerbang Agung Sasono Jati Sesdispotdirga AU, bahwa Jambore Airsport ini diselenggarakan sebagai edukasi kedirgantaraan. Agar anak – anak mengetahui mengudara dan mengetahui bagaimana rasanya diangkasa.


Selain itu dikatakan Agung, pilotnya harus sudah mendapat pelatihan dan sertifikasi, sekalipun menerbangkan drone dengan remote pilot harus sudah mendapat bekal cara pengoperasiannya di udara karena menyangkut keselamatan pesawat udara yang sedang terbang agar tidak terganggu. Karena kalau asal pengoperasikan bisa membahayakan pesawat dan diatur oleh Permenhub No180/2015 dan Permenhub No.47/2016 untuk sanksi yang tidak memahami PM 180.

Selain jambore, juga kerap mengikuti lomba aeromodelling, yang merupakan suaru kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur model pesawat untuk tujuan rekreasi, edukasi, dan olahraga. Ditambahkan Agung kecepatan pesawat Pitts bisa mencapai 120km perjam dan masih menyisakan bahan bahan bakar. Begitu juga kecepatan paramotor bisa mencapai 80km perjam. ddm