Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Jatim Diimbau “Jumat Berbagi”

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Program “Jumat Berbagi” yang digagas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo sejak 3 pekan terakhir semakin seru. Serunya tidak hanya semakin banyak yang mereka bagikan, tapi juga akan semakin meluas.

Program bagi-bagi nasi bungkus buat para pekerja rentan ini dananya sukarela dari para karyawan dan pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Untuk kali ketiga, Jumat (2/2/2018) kemarin, mereka membagikan ke para pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Surabaya.

Acara ini, selain diikuti Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Poedji Santoso, juga dihadiri Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Dodo Suharto. GM dan HRD PT Sumber Organik, Alok dan Adi, turut mendampingi mereka.

Sebanyak 150 nasi bungkus mereka bagikan ke para pemulung di TPA yang letaknya cukup jauh dari pusat Kota Surabaya ini. Selain itu mereka juga menggratiskan iuran pertama Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) para pemulung.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Poedji Santoso, menjelaskan, kegiatan ini berawal dari keinginan kuat karyawan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo untuk bersedekah, berbagi dengan para pekerja yang penghasilannya pas-pasan, bahkan tak cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Ditegaskan, ‘sodaqoh’ ini akan terus dilakukan setiap Jumat pagi di tempat yang berbeda.

Mengenai pemberian perlindungan jaminan sosial pada para pemulung tersebut, menurut Poedji, ini merupakan apresiasi program BPJS Ketenagakerjaan yang visinya melindungi seluruh pekerja Indonesia, terutama para pekerja rentan yang banyak berada di TPS dan TPA.

“Menurut kami para pekerja rentan ini yang justru paling utama harus mendapat perlindungan jaminan sosial, tercover BPJS Ketenagakerjaan,” tegas Poedji.

Dia menambahkan, perlindungan jaminan sosial atas resiko kecelakaan dan kematian para pemulung ini iuran pertamanya digratiskan, dengan harapan agar kepesertaan mereka terus berlanjut dengan membayar sendiri, atau terbantu dana CSR PT Sumber Organic selaku pengelola TPA Benowo.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Dodo Suharto, mengapresiasi gagasan “Jumat Berbagi” BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo. Dia menegaskan, segera menyerukan ke seluruh Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di Jawa Timur untuk melakulan hal yang sama di wilayah masing-masing.

“Kami minta seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan di cabang-cabang di seluruh Jawa Timur menyisihkan penghasilannya secara sukarela buat sedekah seperti ini,” kata Dodo di lokasi TPA Benowo, Jumat (2/2/2018).

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif. Di samping sedekah, juga untuk mengenalkan keberadaan BPJS Ketenagakerjaan ke seluruh lapisan masyarakat. Karena diakui, sampai sekarang masih banyak masyarakat yang tahunya cuma BPJS Kesehatan.

HRD PT Sumber Organik, Adi, juga menilai program bagi-bagi nasi bungkus pada para pemulung ini sangat bagus. “Bagus. Kalau bisa tiap hari Jumat di TPA ini,” ujarnya.

Mengenai perlindungan jaminan sosial bagi para pemulung di TPA Benowo supaya bisa berkelanjutan, Adi juga mengaku setuju, dan akan disosialisasikan terlebih dulu. (Ganefo)

Teks Foto: Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jatim, Dodo Suharto (8 dari kanan) bersama pimpinan dan karyawan Cabang Darmo, GM dan HRD PT Sumber Organic serta perwakila pemulung di TPA Benowo, Surabaya, Jumat (2/2/2018).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *