Kegiatan Belajar-Mengajar, Salah Satu SD di Bangkalan Gunakan Peninggalan Belanda

  • Whatsapp

BANGKALAN, Beritalima.com- Barang antik peninggalan zaman Belanda ternyata masih tersimpan di SDN Pateraman I, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Barang antik itu berupa meja dan bangku sekolah. Selain itu juga berupa almari dan gedung sekolah yang masih berdiri tegak.

Berdasarkan informasi yang dirangkum Beritalima.com. Peninggalan bersejarah itu dibuat pada tahun 1911 oleh Belanda.

Hingga saat ini barang-barang tersebut masih difungsikan untuk kegiatan belajar mengajar. Hanya saja gedung sekolah yang menghadap ke selatan itu dicat ulang oleh pihak sekolah untuk perawatan gedung.

Kepala sekolah SDN Pateramam I, Hudhori mengatakan, SDN Pateramam I merupakan sekolah pertama di kecamatan Modung. Dikatakan dia, peninggalan Belanda itu masih sangat bangus.

“Masih sangat bagus, kayu jati yang sangat kuat, dan sekolah ini merupakan sekolah pertama di kecamatan Modung,” kata Hudhori, Senin (18/3/2019).

Nur Hasan selaku ketua komisi D DPRD Bangkalan sebagai salah satu mitra kerjanya bidang pendidikan berharap agar sesuatu yang bernilai sejarah tetap di pelihara dengan baik.

Peninggalan penjajah Belanda itu, kata Nur Hasan, mengajarkan kepada kita supaya tetap mengingat sejarah. Karena dengan sejarah kita semua belajar untuk tidak melupakan dan mengambil makna didalamnya.

“Peninggalan itu dirawat dengan baik jangan sampai dibiarkan, disitu banyak makna yang harus dipelajari bersama,” ujar Nur Hasan saat mengunjungi SDN Pateraman I. (Rus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *