Kemarau Panjang, Kebakaran Hutan di Bondowoso Kembali Terjadi

  • Whatsapp
www.beritalima.com

BONDOWOSO, beritalima.com – Kebakaran hutan kembali terjadi di gunung yang ada di Bondowoso, kali ini kebakaran hutan melanda Hutan Bukit yang ada di Dusun Cagak Desa Sukowono kecamatan Pujer Rabu (09/10) malam.

Padahal sebelumnya juga terjadi kebakaran Hutan di Gunung Raung yang terletak di desa Sumberejo kecamatan Sukosari Bondowoso Jawa Timur yang menyebabkan 10 pendaki harus evakuasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Kukuh Triatmoko membenarkan adanya mengaku karhutla di Kecamatan Pujer itu. Menurutnya, kebakaran itu terjadi di bukit yang ditanami pohon jati, dengan luasan diperkirakan sekitar 1 hektar.

“Laporannya kemarin jam 16.30 WIB, kemudian Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama Kapolsek, Danramil dan seluruh warga menuju kesana. Jam 21.00 api sudah berhasil dipadamkan,” ungkapnya.

Sementara penyebab kebakaran kata dia, dikarenakan daun pohon jati yang telah gugur terbakar. Sehingga, merembet pada pohon-pohon di sekitar tempat kejadian kebakaran.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Jadi daun-daun jati di bawahnya itu yang terbakar. iya, di bawahnya pohon,” jelasnya kepada sejumlah wartawan kamis (10/10)

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Dijelaskannya juga, bahwa lokasi kebakaran jauh dari rumah warga. Bahkan, untuk menuju lokasi kebakaran tim pemadam harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Sehingga, tak sampai merambat ke pemukiman.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Saat musim kemarau sekarang memang rawan terjadi kebakaran. Baik yang disebabkan oleh proses alam, atau pun keteledoran masyarakat yang mungkin membuang puntung rokok. Kalau mau membuang puntung rokok pastikan apinya sudah mati,” imbaunya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Selama ini, pihaknya selalu mengingatkan masyarakat melalui pemasangan banner-banner sebagai peringatan untuk lebih ikut menjaga alam. Termasuk, terus berkomunikasi dengan Muspika, dan Pemerintah desa melalui jaringan yang selama ini telah terbentuk. Sehingga tak terjadi kebakaran. (*/Rois)

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *