Kenali Penyakit, Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik

  • Whatsapp

beritalima.com – Apa yang anda ketahui tentang penyakit kolik ? Salah satu penyakit yang banyak menyerang bayi ini memang seringkali dikhawatirkan oleh banyak orang tua. Di mana kolik merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan bayi terus-menerus menangis, tanpa ada penyebabnya yang jelas. Kolik memang bukan termasuk penyakit dan tidak membahayakan bagi bayi.  Namun bayi yang terserang Kolik seringkali menangis lebih dari 3 jam sehari, 3 hari seminggu, atau 3 minggu lebih.

Apapun yang anda lakukan untuk membantu bayi reda tangisnya selama kolik. Tidak bisa membuat bayi tersebut berhenti untuk menangis. Tentu saja hal seperti ini dapat menghasilkan banyak orang tua, terutama bagi Anda yang harus berpergian atau bekerja serta meninggalkan si kecil .

Beberapa bayi yang mengalami kondisi kolik memang seringkali mengkhawatirkan banyak orang tua ataupun Anda yang mengasuhnya. Selain tangisan yang tak kunjung berhenti, bayi juga tidak mau makan dan juga tidur. Nah sebenarnya apa sih penyebab kolik ini, dan bagaimana cara mengatasinya. Dalam artikel berikut ini akan kita bahas mengenai Kolik secara lengkap, khususnya bagi anda orang tua yang baru pemula atau baru saja memiliki kecil.

Gejala dan Tanda Kolik

Dokter umumnya menentukan apakah bayi tersebut mengalami atau memiliki konflik atau tidak , berdasarkan tiga faktor, pertama adanya kebiasaan bayi untuk menangis terus menerus, setidaknya selama 3 jam, kemudian menangis terus menerus setidaknya 3 kali dalam seminggu, serta kedua kondisi di atas terjadi setidaknya 3 minggu berturut-turut. Selain itu kolik pada bayi juga bisa saja diberikan jika terjadi beberapa pengamatan.

Diantaranya adalah bayi anda sering Menangis tanpa alas an, seperti popok yang sudah diganti, tidak merasa lapar, dan juga tidak ingin tidur, heboh menangis pada jam-jam tertentu yang sama setiap harinya, misalnya pagi hari atau sore hari. Kemudian bayi anda lebih sering buang air besar, buang angin serta mengeluarkan air liur. Karena kelelahan menangis ataupun efek samping lainnya. Terakhir bayi anda tidak dapat tidur ataupun makan seperti biasanya karena menangis ataupun teriak.

Hingga saat ini penyebab dari kolik sendiri memang belum pasti. Di mana banyak penelitian yang belum menemukan alasan jelas, Mengapa seorang bayi mengalami kolik. Namun bisa saja beberapa faktor ini dapat mempengaruhi di antaranya adalah :

  • Asam lambung yang naik ke atas atau refluks. Asam lambung pada bayi yang akhirnya menyebabkan rasa tidak nyaman secara terus-menerus. Sehingga bayi tidak ingin makan ataupun tidur.
  • Terjadinya sistem pencernaan yang belum matang, karena sistem pencernaan bayi memang masih belum berkembang, dengan baik hingga usia 6 bulan. Namun makanan yang dikonsumsi atau ASI yang dikonsumsinya bisa saja tidak tercerna dengan baik yang akhirnya menyebabkan rasa tidak nyaman, yang ada pada bagian usus atau bagian perutnya.
  • Rangsangan yang berlebih pada Indra bayi, misalnya tidak nyaman dengan bahan pakaian ataupun sangat sensitif terhadap suara-suara yang mengganggu. Di sisi lain indra pendengaran serta penciuman bayi yang sangat tajam, sehingga mengganggu mereka dan menyebabkan kesan tidak nyaman.

Cara Mengatasi Kolik

Lantas bagaimana Anda yang harus menghadapi bayi yang mengalami kolik ? Bagaimana cara mengatasi kolik pada bayi tersebut. ada beberapa cara yang sekiranya bisa mengurangi waktu tangisan mereka atau mengatasi kolik tersebut. Meskipun tidak langsung secara total di antaranya adalah :

1). Ciptakan suasana yang nyaman, terutama ketika mereka sedang berhenti menangis atau merasa sedang rileks. Usahakan Ana membuat suasana yang mereka menangis seperti halnya meredupkan lampu kamar dan dan menjaga suara. Dengan menggunakan suara yang lembut atau bahkan tidak berbicara sama sekali dan hindari suara-suara berisik, maka dapat menenangkan bayi dan menghindari bayi merasa terganggu. Umumnya ada beberapa masa di mana bayi yang mengalami kolik akan reda dan juga tenang.

2). Biarkan bayi Anda beristirahat, jika ada orang yang menjenguk atau menengok bayi anda. Pastikan ketika mereka sedang tidak istirahat ataupun tidak tidur. Kalaupun memang harus berada di sekitar orang-orang dan merasa bahwa ia sudah mulai tidak nyaman. Sebaiknya anda menyingkir karena bisa saja kolik yang dialami oleh bayi anda, merupakan konflik yang berasal dari Indra yang terangsang secara berlebihan.

3). Cobalah untuk menggendong bayi dan menimbangnya secara pelan-pelan. Umumnya sentuhan dari orang tua khususnya sang Ibu, bisa menenangkan mereka dan menjadikan mereka sebagai salah satu pelindung ataupun bonding yang membuat bayi lebih nyaman.

4). Mengatasi kolik terakhir adalah dengan menggunakan white noise. Di mana beberapa bayi senang mendengarkan white noise yang berasal dari penyedot debu ataupun AC, karena suara tersebut membantu mengingatkan mereka akan kondisi rahim ibu. Dengan membeli mesin white noise, bisa membantu bayi untuk merasa lebih nyaman dan juga aman. Di sisi lain Anda bisa mengunduh aplikasi di smartphone, anda Karena aplikasi tersebut bisa membantu mengeluarkan white noise yang membantu bayi merasa lebih nyaman dan juga tenang.

Itulah beberapa informasi mengenai kolik dan juga bagaimana mengatasi kolik pada bayi atau pada anak. memang bagi Anda yang memiliki anak yang mengalami penyakit ataupun masalah kolik, memang tidak mudah untuk mengatasinya. namun anda dibutuhkan extra kesabaran dan juga ketenangan ketika mengatasi bayi yang mengalami kolik. Jika Anda bisa melakukannya dengan tenang dan melakukan terapi yang tepat, semakin lama kolik bisa mereda.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *