Kenapa Mataku Bintilan.?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr, Robert Arjuna FEAS*
Di Suatu sore saya beremu dengan pak Terry kok tiba tiba berkacamata hitam saya bertanya katanya sakit bintilan mata kiri dan sangat silau me ggagunpemandangan, maka dia dengan kacamata tutup sgar tidak kelihatan bintilan mata,Kenapa bisa mata bintilan ,mari kita bahas……

Hordeolum internal adalah bintitan yang terjadi di dalam kelopak mata. Kebanyakan hordeolum internal muncul di kelenjar minyak pada jaringan kelopak mata Anda (kelenjar Meibom). Hordeolum internal biasanya akan muncul pada kelopak mata atas.

Hordeolum adalah istilah medis dari penyakit bintitan, atau dikenal juga dengan sebutan timbilan. Hordeolum adalah benjolan kecil yang sekilas terlihat seperti jerawat di dekat bulu mata. Penyebab mata bintitan biasanya adalah infeksi bakteri.Secara umum, hordeolum bukan kondisi serius. Biasanya, benjolan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Meskipun tidak berbahaya, bintitan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa nyeri serta membuat penampilan sedikit terganggu.

Bintitan atau hordeolum adalah kondisi ketika bintil menyakitkan mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Bintitan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan biasanya hanya muncul pada salah satu kelopak mata.
Bintitan sering kali terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam kelopak mata. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar. Tidak seperti kelihatannya, bintitan tidak menyebabkan gangguan penglihatan

Mata timbilan atau bintitan adalah benjolan berwarna merah mirip jerawat yang terbentuk di area sekitar kelopak mata.Penyebab kenapa mata bintitan bisa karena penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata oleh kulit mati, kotoran, atau minyak berlebih.Kelopak mata memiliki banyak kelenjar minyak kecil, terutama di sekitar bulu mata.Ketika kelenjar ini tersumbat, bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan bintil berkembang.

Gejala utama bintitan adalah tumbuhnya bintil merah yang mirip dengan bisul kecil pada kelopak mata, baik di dalam atau di luar kelopak mata. Gejala-gejala lain yang menyertai kondisi ini meliputi:Pada umumnya, bintitan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Meski demikian, risiko komplikasi tetap ada. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika bintitan tidak kunjung membaik setelah 48 jam.

JENIS HORDEOLUM
1. Hordeolum eksterna
Hordeolum eksterna biasanya lebih umum dibandingkan yang terjadi di dalam kelopak mata (internal). Hordeolum eksterna terjadi karena adanya infeksi di kelenjar Zeis atau Moll pada mata.Kelenjar Zeis dan kelenjar Moll berada di pangkal bulu mata, baik bagian atas maupun bawah. Itu sebabnya, hordeolum eksterna bisa menyebabkan bintitan di kelopak mata atas ataupun bawah. Benjolannya akan terlihat mengarah ke sisi luar.

2. Hordeolum internal
Hordeolum internal adalah bintitan yang terjadi di dalam kelopak mata. Kebanyakan hordeolum internal muncul di kelenjar minyak pada jaringan kelopak mata Anda (kelenjar Meibom). Hordeolum internal biasanya akan muncul pada kelopak mata atas. Benjolan mengarah ke sisi dalam sehingga kelopak mata perlu dibuka untuk dapat melihat benjolan dengan lebih jelas. Ketika tumbuh, kondisi ini menekan mata sehingga terasa lebih sakit dari jenis yang eksternal

GEJALA BI TILAN MATA
1. Ada rasa nyeri dan bengkak di sekitar kelopak mata
2. Mata jadi gampang berair
3. Muncul kerak di sekitar kelompak mata
4. Mata sakit dan gatal
5. Mata merah & Mata berair
6. Kelopak mata bengkak dan nyeri
7. Mulai terasa demam
8. Terdapat masalah penglihatan
9. Bintitan tidak hilang dalam 2 minggu
10. Kemerahan dan bengkak menyebar di luar kelopak mata, bahkan hingga ke dahi atau bagian wajah lain
11. Timbilan mengeluarkan darah
12. Benjolan semakin membesa dan sakit
13. Seluruh kelopak mata dan mata Anda memerah

RESIKO TERJADI BINTILAN
1. Menyentuh mata dengan tangan yang kotor.
2. Menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa.
3. Tidak membersihkan bekas kosmetik pada mata sebelum tidur.
4. Memakai lensa kontak yang tidak steril.
5. Mengalami peradangan pada ujung kelopak mata (blefaritis).
6. Mengalami penyakit rosacea yang menyebabkan kulit wajah memerah.

KOMPLIKASI BINTILAN
Bintitan atau hordeolum yang tidak kunjung sembuh dapat berkembang menjadi kista akibat tersumbatnya kelenjar pada kelopak mata (kalazion), atau menyebabkan penyebaran infeksi ke jaringan di sekitar kelopak mata (selulitis preseptal).

PENCEGAHAN BINTILAN
1. Tidak mengaruk mata, karena dapat memicu iritasi dan berpindahnya bakteri ke mata.
2. Mencuci tangan sebelum menyentuh mata, dan memakai kacamata pelindung saat membersihkan rumah agar terhindar dari debu.
3. Tidak berbagi penggunaan handuk dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang bintitan.
4. Mensterilkan lensa kontak sebelum digunakan, dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasangkan lensa kontak pada mata.
5. Tidak menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa, tidak menggunakan kembali kosmetik mata yang pernah digunakan saat bintitan, dan membersihkan wajah sebelum tidur

CARA PENGOTAN
1. Gunakan kompres hangat
2. Bersihkan kelopak mata dengan sabun yang ringan
3. Gunakan kantong teh
4. Minum obat penghilang rasa sakit
5. Hindari memakai riasan dan lensa kontak
6. Gunakan antibiotik dari dokter
7. Pijat ringan saat bintitan pecah

Beberapa perubahan gaya hidup sehat dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mencegah hordeolum adalah:Selalu menjaga muka, kulit kepala, alis, dan tangan Anda dalam kondisi bersihGunakan make up mata tipis-tipis atau tidak sama sekali, kemudian bersihkan sampai benar-benar bersih.Demikian agar dimaklum,semoga bermanfaat.
RobertoNews 1271 《17.3.22(07,30》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait