Kencing Batu Bagaimana Siasati???

  • Whatsapp

Oleh:
DR. Dr. Robert Arjuna FEAS *
Di saat seseorang Dokter Bedah yang mau mengoperasi batu ginjal dimana Dokter bedah sudah standby pakai baju operasi ,pasien udah didorong di depan meja operasi,tiba mengeluh sakit pinggang berat seolah mau mens dan izin ke kamar mandi, sesampai di kamar mandi sewaktu mau kencing keluar batu batu kecil dari saluran pipis, ciklit ! Ci kliik! Keluar batunya akeh lalu oleh dokter bedah didorong ke bagian USG ternyata batu di ginjal tak kelihatan lagi,akhirnya tak jadi Operasi karena batu udah keluar…..
Kencing batu sering dijumpai dalam kehidupan kita sehari hari dan sangat menderita karena kesakitan saat hendak kencing kadang sudah dilakukan laser Penyakit ini kambuh kembali….. Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Menurut data yang dihimpun Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2013, diperkirakanprevalensi penderita yang terdiagnosa batu ginjal untuk umur di atas 15 tahun adalah sebesar 0,6 persen dari total penduduk Indonesia. Lima provinsi yang menduduki posisi tertinggi masalah penyakit batu ginjal di antaranya adalah DI Yogyakarta, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah. Penyakit batu ginjal dialami oleh orang-orang yang berusia 30-60 tahun. Diperkirakan 10 persen wanita dan 15 persen pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka.

Jenis jenis batu ginjal
Berrdasarkan bahan pembentuknya, batu ginjal dapat dibagi menjadi 4 jenis :
1.Batu kalsium disebabkan oleh tingginya kadar kalsium di dalam urine. Jenis batu ginjal ini merupakan yang paling umum terjadi. diakibatkan karena penyakit keturunan hiperkalsiuria. Kondisi ini menyebabkan penderitanya melepaskan kalsium yang banyak dalam urine. Tingginya kadar kalsium juga bisa disebabkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif. Hormon yang diproduksi kelenjar ini berfungsi mengatur jumlah kalsium di dalam darah.

2.Batu asam urat yang disebabkan oleh makanan berkadar purin tinggi dari makanan yang memicu tingginya asam urat adalah kerang-kerangan, daging dan ikan. Penderita penyakit Gout juga berisiko tinggi membentuk batu jenis ini.

3.Batu struvit. Penyebab utama terbentuknya batu struvit adalah infeksi saluran kemih yang telah berlangsung lama. Jenis batu ini lebih sering ditemukan pada pasien wanita dibandingkan pasien laki-laki.

4.Batu sistin Kondisi ini disebabkan oleh penyakit yang dikenal sebagai sistinuria. Penyakit ini mempengaruhi jumlah asam amino sistin yang dikeluarkan dalam urine.

Faktor Pemicu :
1.Kurang minum air putih
2.Riwayat kesehatan keluarga
3.Mengalami obesitas
4.Mengonsumsi obat-obatan,(diuretik, aspirin, antibiotik, antasid, antidepresi & antiretroviral
5.Efek samping operasi terhadap organ pencernaan

Gejala batu ginjal
Gejala akibat batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan penderitanya jika batu ginjal berukuran 1.sangat kecil sehingga bisa keluar dari tubuh secara alami melalui ureter dengan mudah.
2.lebih besar dari diameter saluran ureter akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi dan bahkan luka.urine kadang bisa mengandung darah.
Selain mengiritasi ureter, batu ginjal juga bisa tersangkut di dalam ureter atau uretra terjadi akumulasi bakteri dan bisa menyebabkan pembengkakan akibat infeksi.

Gejala batu ginjal yang bisa muncul apabila batu bergesekan dengan ureter di antaranya adalah nyeri pada pinggang, perut bagian bawah atau samping, dan selangkangan yang dapat disertai mual.

Sedangkan gejala yang bisa dirasakan jika penderita batu ginjal mengalami infeksi ginjal di antaranya urine tampak keruh dan berbau tidak sedap, badan lemas, menggigil, dan demam tinggi.

Tanda Batu Gunjal
1.Sakit pinggang, paha, selangkangan, dan kemaluan
2.Darah dalam urin
3.Mual dan muntah-muntah
4.demam, berkeringat, dan buang air kecil yang sering, mendesak, serta terasa sakit.

Diagnosa Penunjang Batu Ginjal
1.pemeriksaan urine,
2.pemeriksaan darah,
3.USG, rontgen,
4.CT scan, dan intravenous urogram/IVU)

Pengobatan batu ginjal
Pengobatan penyakit batu ginjal yang dilakukan tergantung kepada ukuran dari batu. Jika batu ginjal masih tergolong kecil atau menengah, serta masih dapat melewati saluran kemih tanpa harus dilakukan operasi, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk minum air putih saja sesuai takaran yang disarankan. Dengan adanya aliran cairan secara terus-menerus, diharapkan batu ginjal dapat terdorong keluar dengan sendirinya. Apabila gejala yang dirasakan oleh pasien cukup mengganggu, biasanya dokter cukup meresepkan obat pereda rasa sakit, misalnya acetaminophen, ibuprofen atau obat anti radang non steroid.

Penanganan batu ginjal yang dengan prosedur khusus (energi laser, ultrasound, atau operasi) biasanya baru akan diterapkan jika batu berukuran lebih besar sehingga menyumbat saluran kemih pasien.

Penderita Batu Ginjal kadang bisa kambuh kembali karena sda faktor pemicu al
1.mengonsumsi makanan yang mengandung protein
2, sedikit mengonsumsi makanan berserat.
3.memiliki satu ginjal yang masih berfungsi.
4.infeksi yang berhubungan dengan ginjal atau sistem saluran kemih.
5.Memiliki riwayat keluarga berpenyakit batu ginjal.
6.pernah menjalani operasi pada sistem pencernaan.
7.Rutin mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium.
8.Mengonsumsi obat-obatan aspirin, antibiotik golongan tertentu, antasida, diuretik, obat antiepilepsi, dan obat-obatan untuk HIV.

Pencegahan batu ginjal
Cara mencegah batu ginjal sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu minum cukup air putih tiap hari dan membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium, dan protein hewani.

Selain dengan minum cukup air dan membatasi asupan zat-zat tertentu, pencegahan batu ginjal juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Biasanya langkah ini dianjurkan untuk mencegah kambuh bagi mereka yang sebelumnya pernah menderita batu ginjal.
Hidup sehat adalah idaman setiap insani,Sehat itu Kaya sdalah harta warisan yang tak ternilzi harganya.Anda Sehat Kami Bangga
RobertoNews 1434《27.5.22(07.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com

Pos terkait