Kepala Disdikpora Wonosobo Buka Orientasi Program Pembinaan Bakat dan Prestasi

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Kemendikbud kucurkan dana ke SMPN 1 Wonosobo sebesar Rp. 50.000.000, 00 yang akan digunakan untuk membina bakat dan prestasi siswa pada bidang oliempiade sains dan seni tradisional.

Terpilihnya sekolah ini menerima bantuan dari Kemendikbud disebabkan selama dua tahun terakhir SMPN 1 Wonosobo sukses mengantarkan anak didiknya di ajang OSN tingkat nasional.

Bacaan Lainnya

Pada tahun 2018 sekolah ini menyabet medali perak pada OSN IPA dan tahun ini medali emas dan perak pun diraihnya. Medali tersebut dicapai pada OSN IPS dan Matematika di Yogyakarta.

Sehubungan dengan pencapaian prestasi dan kucuran dana tersebut dilakukan orientasi program pembinaan bakat dan prestasi kepada orang tua/wali siswa dan guru pembina program yang dilaksanakan di SMPN 1 Wonosobo.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Disdikpora Wonosobo.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memicu prestasi di sekolah agar semakin meningkat.” harap Drs. Sigit Sukarsana, M.Si, Senin, (9/9).

Dijelaskan ketua program kegiatan ini, Sri Puji Astuti,M.Pd mengatakan tujuan program pembinaan bakat dan prestasi tahun 2019 ini adalah mengembangkan prestasi peserta didik; membina bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan prestasi siswa di bidang sains, seni, olahraga, dan literasi; menjalin kerja sama antar sekolah dan Lembaga lainnya dalam pembinaan prestasi siswa; melahirkan peserta didik yang berkarakter dan berprestasi sesuai dengan bakat dan minatnya; serta membentuk pribadi yang bersahabat, kreatif, jujur, dan inovatif.

Sementara program pembinaan bakat dan prestasi diselenggarakan mulai bulan September sampai dengan bulan November 2019.

“Setiap minggu dilaksanakan pembinaan selama 3-4 hari yang diikuti oleh 46 peserta didik yang terdiri dari 26 peserta didik bidang OSN dan 20 peserta didik bidang Seni Tradisional. Peserta Program Pembinaan Bakat dan Prestasi berasal dari SMPN 1 Wonosobo sebanyak 28 siswa, SMPN 2 Wonosobo sebanyak 12 siswa dan SMP Al-Madina sebanyak 6 siswa.” kata Sri Puji Astuti.

Sedangkan pembina program PPBP ini terdiri dari guru-guru SMPN 1 Wonosobo. Khusus untuk OSN IPA dibina oleh Heri Priyanto S.Si., M.Si dan Bait Budi Hantoro, M.Pd.Si. Program OSN Matematika dibina oleh Sri Wahjuni S.Pd., M.M.Pd. dan Sudaryati, S.Pd, M.MPd. Program OSN dibina oleh Suci Rahayu, S.Pd dan Astati Sad Widjianti, M.Pd. dan pada bidang Seni Tradisional dipimpin oleh Sutikno, S.Pd.

Lebih lanjut dikatakan hasil yang diharapkan dari Program Pembinaan Bakat dan Prestasi tersebut diantaranya meningkatkan proses pembinaan ekstrakurikuler yang terencana dan terukur dengan baik; terpilih dan terbinanya peserta didik untuk berpartisipasi pada kegiatan lomba, festival, dan olimpiade yang dilaksanakan oleh DIrektorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama; terakomodasinya peserta didik yang memiliki bakat dan minat di beberapa bidang ekstra kurikuler dan meningkatkan prestasinya; dan lahirnya peserta didik yang berkarakter dan berprestasi di berbagai bidang ekstrakurikuler. (Budi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *