Keputihan Apa Solusinya ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS*
Si Anisah sering keputihan setiap waktu menstruasi dan sedang mendapat perawatan medis, Si Yeyen lebih patah lagi keputihan timbul gatal gatal dan bau tak sedap ,warna lendir berubah kebijakan karena suka pakai
Celana jean ketat, lain hal dengan Si Ani yang beranak 3 sering Setiap kali minum obat KB maka keputihan muncul ,keputihan timbul warna abu abu ,gatal sakit Dan perlu bantuan peluru masuk ke vagina ,penyakit baru reda,keputihan ini sering terjadi pada kaum wanita di masyarakat tapi masih banyak orang tak tahu ,sebenarnya bahayakah keputihan ini………Biasanya, keputihan sebagai proses normal, akan muncul saat menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi dan masa subur. Warna keputihan yang normal adalah jernih dan transparan, atau bisa cair seperti air dan lengket. Keputihan yang normal tidak berbau atau mengeluarkan bau yang menyengat.

Keputihan adalah masalah yang sering dialami oleh para wanita. Keputihan ini bisa menjadi tanda adanya penyakit infeksi. Akan tetapi, tidak semua keputihan menandakan Anda mengalami penyakit. Keputihan juga bisa menjadi tanda yang normal dari tubuh, bukan yang membahayakan. Ini ciri-ciri keputihan normal yang biasanya terjadi pada setiap wanita.

Bagi wanita, keputihan adalah kondisi yang paling banyak dikeluhkan. Ya, kondisi ketika keluar lendir atau cairan dari vagina ini kerap membuat bingung para perempuan.Apalagi, lendir atau cairan dari vagina tersebut kerap berubah warnanya. Hal ini sering bikin bertanya apakah kondisi ini normal?

Kabar baiknya, keputihan sebenarnya adalah kodisi alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan.Cairan tersebut diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim yang akan membawa sel mati dan bakteri keluar sehingga organ intim terlindung dari infeksi.Meski begitu, setiap warna keputihan tetap memiliki arti bagi kesehatan Anda. Berikut panduannya.
1. Merah hingga kecokelatan
2. Krem atau putih susu
3. Kuning hingga kehijauan
4. Merah muda
5. Bening
6. Abu-abu

CIRI KEPUTIHAN
1. Warna
2. Aroma
3. Tekstur
4. Jumlah

Tanda keputihan normal
Keputihan adalah kondisi normal atau disebut fisiologis yang terjadi setiap bulan. Biasanya, keputihan sebagai proses normal, akan muncul saat menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi dan masa subur.
Warna keputihan yang normal adalah jernih dan transparan, atau bisa cair seperti air dan lengket.
Keputihan yang normal tidak berbau atau mengeluarkan bau yang menyengat.Munculnya keputihan sangat dipengaruhi oleh sistem hormonal, sehingga debit atau banyak sedikitnya sekret alias cairan vagina sangat bergantung pada siklus bulanan.Selain itu, kondisi lain seperti hamil, menyusui, terangsang secara seksual, memakai pil KB, masa ovulasi, dan kondisi psiksis seperti stress bisa membuat cairan keputihan keluar lebih banyak.

Ciri-Ciri Keputihan Normal
1. Berwarna bening atau sedikit putih menyerupai putih telur mentah
2. Bertekstur encer atau sedikit kental dan lengket
3. Tidak berbau
4. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri
Keputihan normal merupakan keputihan yang paling sering terjadi dan bisa dialami oleh semua wanita. Hanya saja, jumlah, warna, dan konsistensi cairan keputihan yang keluar dapat berbeda-beda.

Tanda keputihan yang abnormal
Sementara keputihan abnormal atau disebut keputihan patologis umumnya terjadi akibat infeksi oleh bakteri, virus, jamur atau parasit. Jika keputihan sudah dalam kondisi yang tidak wajar, akan ditandai oleh beberapa hal seperti:
1. Menimbulkan rasa gatal di dalam vagina dan sekitar bibir vagina bagian luar.
2. Cairan berwarna kuning atau hijau
3. Konsistensinya lebih kental
4. Mengeluarkan bau tidak sedap
Jenis keputihan ini mungkin merupakan tanda dari infeksi trikomoniasis yang umumnya menyebar melalui hubungan seksual. Jika kondisi ini terlalu lama dibiarkan, akan membuat derah vagina menjadi tidak nyaman karena lembab atau selalu terasa basah.

Penyebab munculnya keputihan abnormal
1. Kurang menjaga kebersihan vagina
2. Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis (bukan katun), sehingga berkeringat dan memudahkan timbulnya jamur
3. Terlalu sering mengenakan pakaian yang ketat
4. Membilas vagina dari arah anus ke arah depan vagina
5. Sering mandi dan berendam dengan air hangat dan panas. Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat
6. Tidak menjalani pola hidup sehat
7. Menderita penyakit tertentu seperti, kanker serviks, diabetes, infeksi menular seksual dari klamidia atau gonore
8. Mengonsumsi pil KB dan obat kortikosteroid.
9. Terlalu sering memakai sabun atau lotion beraroma, mandi busa, dan membersihkan vagina dengan semprotan air.

Keputihan normal kerap dialami oleh sebagian wanita. Hal ini tidak membutuhkan penanganan karena tidak berbahaya. Namun, jika keputihan muncul disertai dengan keluhan lain, maka kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda keputihan yang tidak normal.Keputihan merupakan cara alami tubuh wanita untuk menjaga kebersihan dan kelembapan area kewanitaannya. Tak hanya itu, keputihan juga dapat melindungi vagina dari infeksi. Umumnya, keputihan normal tidak mengganggu aktivitas dan dapat mereda dengan sendirinya.
Demik8an sekilas info tentang pengetahuan kesehatan kaum wan8ta ,semoga bermanfaat, tetap jaga kesehatan, covid masih berada disekitar kita, pakai master dan jangan lupa vaksinasi berangkat,, salam sehat untuk semua.
RobertoNews 1449《11.6.22(09.00)》
• Praktis Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait