Ketum AMK Serahkan Puluhan Bantuan ke Ponpes Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung

  • Whatsapp

PADANG, beritalima.com | Mengawali rangkaian agenda Mukerwil Angkatan Muda Kabah (AMK) wilayah Sumatera Barat, rombongan Pimpinan Nasional AMK yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Bro Rendhika Harsono didampingi Ketua OKK Agus Sutisna, serta Wakil Ketua Dewan Pembina Zurqon serta Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Boy Richardo, serta Herdi Yulis melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (PPMTI ) Batang Kabung.

Untuk diketahui Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung Batang Kabung,merupakan pondok pesantren yang terletak di Koto Tangah, Padang.

Bacaan Lainnya

Lembaga pendidikan Islam ini didirikan oleh dua ulama Syattariyah dan tokoh Persatuan Tarbiyah Islamiyah, yakni Syekh Salif Tuanku Sutan dan Syekh Imam Maulana.

MTI Batang Kabung pertama kali muncul pada 13 Januari 1955 sebagai halakah pengajian yang dipimpin oleh Syekh Salif Tuanku Sutan di Batang Kabung.

Setelah memperoleh ijazah dari Syekh Sulaiman ar-Rasuli di MTI Canduang, Syekh Salif bersama Syekh Imam Maulana mengubah cara pengajaran dari halakah menjadi sistem madrasah klasikal pada 1966.

Syekh Salif memimpin pondok pesantren sampai ia wafat pada 9 Mei 1998. Setelah Syekh Salif wafat, kepemimpinan pondok pesantren diteruskan oleh tiga tokoh bergelar khalifah, yakni Buya H. Jamaris Tk. Mudo, Buya H. Idris Tk. Mudo, dan Buya H. Mahyuddin Salif Tk. Sutan.[2] Sejak 2022, Buya Mahyuddin menjadi pemimpin tunggal MTI Batang Kabung setelah wafatnya Buya Jamaris dan Buya Idris.

PN AMK mengapresiasi apa yang dilakukan para pengasuh Ponpes Madrasah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung yang senantiasa melakukan perubahan atau transformasi dalam metode pengajaranya.

“Ini yang diharapkan oleh para santriwan santriwati, karena dengan perubahan itu akan menjadikan Ponpes ini menjadi lembaga pendidikan Islam yang tidak statis akan tetapi dinamis dengan perkembangan dan kebutuhan pendidikan dilembaga pondok pesantren.” beber ketum AMK.

Dalam kesempatan tersebut Rendhika didampingi jajaran Pengurus harian Pimpinan Wilayah AMK Sumatera barat yang dipimpin oleh Bro Nanda Satria, Sekretaris Galang Taufik Nurmawan serta Bendahara Agung Indra Prananda, selain itu hadir juga mewakili Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan H Mulyadi yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Sumatera Barat memberikan bantuan tempat sampah yang saat itu memang sangat dibutuhkan untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan Pondok Pesantren.

“Semoga ini dapat bermanfaat,” pungkas Rendhika. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait