Komitmen Dukung Pertumbuhan Sektor Properti di Jatim, Gubernur Khofifah Raih Penghargaan The Most and Smart Inspiring Woman Leader

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com|
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan dari majalah Indonesia Properti dan Bank ke XVII serta Indonesia my home award ke VI kategori The Most and Smart Inspiring Woman Leader in 2023 di Ballroom Hotel Mulia Jakarta, Senin, (20/3/2023) malam.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh CEO Jurnalis Media Network Indra Utama dan Kepala BNPT RI Komjen Pol Boy Rafli Amar dan diterima langsung oleh Gubernur Khofifah. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi yang diberikan atas komitmen Gubernur Khofifah dalam mendukung tumbuhnya sektor properti di Jatim.

Atas penghargaan yang diterima, Khofifah menyampaikan bahwa penghargaan ini dedikasikan untuk seluruh jajaran stakeholder di Jatim khususnya para pengembang di Jawa Timur.

“Alhamdulillah Jatim kembali mendapatkan apresiasi. Saya sampaikan terimakasih sekaligus saya menyampaikan apresiasi kinerja sektor properti (real estate) yang menyumbang cukup tinggi bagi pertumbuhan PDRB Jatim,” kata Khofifah.

Dijelaskan Khofifah, sektor real estate memiliki peran yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi Jatim. Pada Triwulan II Tahun 2022 pertumbuhan ekonomi mencapai 5,74% (y-o-y). Sementra sektor real estate termasuk 10 besar jenis lapangan usaha yang berkontribusi mendukung pertumbuhan PDRB Jatim.

“Jadi kontribusi sektor real estate terkonfirmasi produktif terutama pada enam daerah yang merupakan daerah prioritas pengembangan properti di Jatim. Yakni Kota Batu, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Lamongan dan Kediri,” tuturnya.

Kontribusi sektor real estate terhadap ekonomi Jawa Timur pada Triwulan II Tahun 2022 sebesar 1,65. Kemudian PDRB sektor Real Estate (ADHK) pada TW II Tahun 2022 sebesar Rp 7.914,26 Miliar.

“Lapangan kerja di sektor real estate ini kan rata-rata padat karya. Oleh karena itu akan berseiring dengan berbagai ikhtiar terutama dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan mengurangi jumlah pengangguran di Jatim,” jelasnya.

Menurutnya, kontribusi real estate bagi pertumbuhan ekonomi di Jatim menjawab prediksi Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva yang mengatakan pada tahun 2023, ekonomi dunia cenderung suram ke arah gelap.

Prediksi tersebut bisa diatasi, salah satunya melalui awarding malam ini. Dirinya optimis akan terbangun recover together, recover stronger. Bahkan, harapannya semua menjadi game changer. Semua dapat mengubah keadaan. Mereka akan banyak melakukan banyak lompatan-lompatan.

“Tidak sekadar CEO tapi menjadi strong power leader dan menjadi pemimpin yang mampu mengubah dunia melalui penguatan-penguatan dengan berbagai strong partnership dengan dunia perbankan dan properti di negeri ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR RI Iwan Suprijanto menyampaikan bisnis properti terus tumbuh. Bahkan di masa pandemi trend nya masih positif sebesar 1,72 persen. Setidaknya tumbuh 1-2 persen dan mampu menggerakkan 174 sektor usaha yang lain. Mulai bisnis bulding material, perbankan termasuk bisnis interior.

“Jadi real estate cukup berpengaruh dan punya kontribusi signifikan. Ini akan kita dorong perkembangannya pasca pandemi Covid-19 menjadi strategi pemulihan ekonomi nasional,” terangnya.

Lebih lanjut, sektor perumahan di Indonesia masih mengalami isu dan tantangan, utamanya belum seimbangnya supply dan demand. Sehingga sebagai target Dirjen Perumahan tahun 2020-2024 untuk meningkatkan rumah tangga yang menghuni rumah tinggal layak huni dari 56,70% menjadi 70%. Sedangkan rumah tangga yang belum menempati rumah tinggal layak huni sejumlah 7,8 juta dengan proyeksi pertumbuhan rumah tangga baru yakni 3,2 juta hingga tahun 2024.

“Arah kebijakan yang diambil pemerintah yakni memberikan akses masyarakat secara bertahap akan perumahan yang layak dan aman terjangkau untuk mewujudkan kota yang inklusif dengan intervensi langsung sebesar 40%. Sedang 60% sisanya untuk intervensi tidak langsung,” urainya.

CEO Jurnalis Media Network Indra Utama menambahkan, dipilihnya Gubernur Khofifah bukan semata-mata gaya kepemimpinan seorang perempuan yang cakap memimpin Jatim. Lebih dari itu, dirinya juga melihat bagaimana rekam jejak Gubernur Khofifah di bidang properti.

“Saya mengamati sekaligus meminta masukan dari beberapa teman bidang properti di Surabaya, Gresik dan Malang. Mereka mengatakan baik karena sejauh ini beliau mendukung dan memperhatikan industri properti,” paparnya.

Adapun Penyerahan Penghargaan Kategori “Tokoh Sosialisasi Persatuan dan Toleransi Indonesia 2023 Kepala BNPT RI Komjen Pol Boy Rafli Amar, Penghargaan Kategori “The Succesfull Official of The State Stimulating Tourism Industry Growth Through New Destination Development” Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno yang diwakilkan Plh. Deputi Bidang Industri dan Investasi RI Oni Yulfian.

Penyerahan Penghargaan Kategori “Best The Great Leader in Property Business” Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata, Penyerahan Penghargaan Kategori “The Most Admired CEO of State-Owned Bank” Dirut PT BRI Persero, Sunarso, Penyerahan Penghargaan Kategori “Inspiring Woman Leader in Property Business” CEO Central Grup Princip Muljadi.

Penyerahan Penghargaan Kategori “The Best Leader in Marketing Strategy and Innovation” Direktur Sinar Mas Land Herry Hendarta. Penyerahan Penghargaan Kategori “The Best Chief of Digital Ecosystem with Smart City Program” Direktur Layanan dan Jaringan PT. BNI (Persero) Ronny Venir

Turut hadir, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR RI Iwan Suprijanto, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Produk Kegiatan Kemenparekraf RI Oni YulfianI, Ketua DPP Real Estate Indonesia, Ketua Tim Juri Roy Sembel, CEO Jurnalis Media Network, Ka. Diskominfo Prov. Jatim dan Karo Perekonomian Setda Provinsi Jatim.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait