Komunikasi dan Koordinasi Kunci Sukses Organisasi

  • Whatsapp

beritalima.com | Banyak kita jumpai perkumpulan, komunitas dan organisasi masyarakat yang tinggal papan nama saja. Baru satu atau dua tahun berdiri sudah tidak ada aktifitas. Faktor penyebabnya antara lain miskomunikasi, dan koordinasi yang kurang baik. Perkumpulan, komunitas dan ormas demikian biasanya banyak bermunculan menjelang Pilpres atau Pilkada. Dan setelah Pilpres dan Pilkada selesai bakal buyar sendiri-sendiri.

Dalam organisasi kita sering mendengar kata-kata yang kurang fleksibel dan sukar untuk dimengerti. Banyak kegagalan yang terjadi dalam pencapaian tujuan organisasi dikarenakan mis komunikasi.

Komunikasi adalah salah satu faktor yang paling utama dalam menunjang keberasilan organisasi. Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi Efektif adalah saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.

Tujuan berkomunikasi efektif adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang diberikan. Adapun bentuk komunikasi efektif adalah :

1. Berlangsung secara timbal balik.
2. Makna pesan ringkas dan jelas.
3. Bahasa mudah dipahami.
Cara penyampaian mudah diterima.
4. Disampaikan secara tulus.
Mempunyai tujuan yang jelas.
5. Memperlihatkan norma yang berlaku.

Dengan berkomunikasi yang efektif akan menambah pengetahuan seseorang, timbul kepercayaan diri, dan menangkal isue-isue tidak sedap yang sering beredar di masyarakat. Dialam kebebasan sekarang ini, kita tetap waspada, dan menfilter berita-berita hoaks, yang tidak jelas sumbernya.

Komunikasi efektif sangat dibutuhkan oleh perkumpulan, komunitas, dan organisasi masyarakat. Dengan komunikasi efektif semua informasi, dan agenda kegiatan bisa diputuskan dengan baik dan tepat waktu. Hubungan antara pengurus, mitra kerja, dan anggota akan semakin erat. Meminimalisir dampak negatif berita-berita dari luar yang kurang baik.

Selain komunikasi yang efektif, kelompok, komunitas dan organisasi masyarakat tersebut harus melakukan koordinasi dengan baik. Koordinasi adalah merupakan salah satu faktor penting dalam organisasi untuk meraih sukses.

Koordinasi yang dimaksud disini adalah proses pengintergrasian tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan pada satuan-satuan yang terpisah (departmen atau bidang-bidang fungsional) suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif.

Perkumpulan, komunitas, dan organisasi masyarakat yang tidak menjalankan fungsi komunikasi dan koordinasi dengan baik, bakal susah untuk berkembang. Dan akhirnya cepat atau lambat akan tinggal papan nama saja. Selain kedua faktor tersebut, peyebab perkumpulan, komunitas, dan organisasi masyarakat mati suri dikarenakan tidak punya orientasi yang jelas dan bersifat elitis (tidak merakyat). Pengurusnya hanya mementingkan diri sendiri, mengedepankan egonya masing-masing, dan tidak menjalankan visi misi organisasi.

Komunikasi dan koordinasi menjadi faktor penting dalam perkumpulan, komunitas, dan organisasi masyarakat. Komunikasi dan koordinasi sebagai motor penggerak perkumpulan, komunitas, dan organisasi masyarakat. Komunikasi dan koordinasi menjadi kunci sukses bagi perkumpulan, komunitas, dan organisasi masyarakat. Bagaimana pendapat Anda.

Surabaya, 4 September 2019

Cak Deky

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *