Komunitas Rotaract Club of Bali Seminyak Pengabdian Masyarakat Di SDN 2 Luwus

  • Whatsapp

Tabanan (Bali) – Komunitas Rotaract Club of Bali Seminyak melaksanakan program pengabdian masyarakat di SD Negeri Luwus Tabanan Bali. Kegiatan ini melibatkan anggota serta relawan dari Komunitas Rotaract Club of Bali Seminyak. Dalam kegiatan ini Rotaract Club of Seminyak Bali didampingi organisasi Rotary Club of Seminyak Bali sebagai pembinan dan penanggung jawab. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Komunitas Rotaract Club of Bali seminyak dinamakan project LIGHT, Project Light merupakan kependekan dari Literacy, Go Green, dan Healty. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (19/5/2019) di SDN 2 Luwus. Para siswa-siswi yang sekolah di SDN Luwus begitu antusias mengikuti kegiatan LIGHT. Para-siswa-siswi terdiri dari kelas I hingga kelas VI. Dibagian menjadi beberapa kelompok untuk masuk kedalam kelas-kelas project Light.

Di Kelas Literacy para siswa-siswi diajak membaca buku-buku yang telah dibawakan oleh Komunitas Rotaract Club of Bali Seminyak. Buku-buku ini sudah diklasifikan sesuai dengan jenjang tingkatan kelas sehingga tidak membuat bingung pembacanya. Buku-buku yang diberikan juga banyak diberikan gambar sehingga siswa-siswi mudah mengerti dan tidak bosan. Para siswa-siswi juga diberikan log book. Fungsi log book ini agar para siswa menjadikan budaya baca sebagai gaya hidup. Setiap sabtu siswa dan siswi diwajibkan untuk memilih satu buku untuk dibaca dan mengisi log book yang berisi judul buku, nama pengarang dan isi ringkasan buku secara ringkas.

Beralih ke kelas Go Green, disini para siswa-siswi SDN 2 Luwus dikenalkan mengenai budaya pengurangan sampah plastik sejak dini. Para siswa-dan siswi diajak untuk mengetahui bahaya sampah plastik yang tidak bisa terurai selama berjuta-juta tahun. Para siswa-siswi juga diberikan tas kain supatya saat berbelanja di kanti sekolah tidak menggunakan plastik. Di kelas ini para pelajar juga diajak untuk games per kelompok.

Pada kelas Healty, Komunitas Rotaract Club of Bali Seminyak mengundang Dokter Harumi. Dikelas Healthy para pelajar diajak untuk menjadi dokter kecil untuk menangani gejala-gejala kasus sakit ringan. Seperti penanggulangan pingsan, mimisan, tersedak, luka ringan dan luka berat. Para pelajar dibekali obat merah, kasa, dan tissue sebagai penunjang praktek dokter kecil. Para relawan di Rotaract Club menjadi pasien sehingga penerapan program dokter kecil menjadi semakin seru.
Perwakilan Rotary Club of Seminyak Bali, Patrick Van Kampen saat memberikan sambutan mengenai kegiatan LIGHT didampingi anggota Rotary Club yang menerjemahkan kedalam Bahasa Indonesia. Patrick mengatakan bahwa buku-buku yang didonasikan berjumlah 302 buku dan merupakan buk-buku pengetahuan yang sifatnya informasi. Ia pun mengenalkan organisasi Rotary dan Rotaract secara langsung. Tak lupa ia memberikan buku panduan mengenai cara mengisi log book

“Buku-buku yang kami donasikan bersifat informasi sehingga pelajar disini semakin meminati budaya membaca. Rotary Club merupakan organisasi internasional yang kegiatannya berfokus pada kegiatan kemanusiaan dan memiliki moto service above self yang artinya mementingkan kegiatan saling membantu daripada kepentingan sendiri. Rotaract merupakan organisasi kepememudaan dari usia 18 hingga 30 tahun dibawah naungan Rotary Club. Untuk mempermudah penggunaan para pelajar disini dalam hal membca buku kami berikan log book” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Rotaract Club of Bali Seminyak yaitu Prima Tangkas mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak sekolah yang memberikan izin penyelenggaraan kegiatan LIGHT. Kepada Rotary Club yang memberikan donasi buku dan peralatan kotak P3K, serta para relawan yang menyisihkan sebagian waktunya menyukseskan kegitan ini.

“Terimakasih kepada Rotary Club, Kepala SDN 2 Luwus ,relawan serta siswa-siswi SDN 2 Luwus atas berlangsungnya kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan LIGHT bisa memacu adik-adik disini untuk meraih prestasi dan menjadi pemimpin masa depan” imbuhnya.
Di akhir kegiatan project LIGHT, secara simbolis diberikan penyerahan buku, kotak P3K dan tas kain sebagai simbol telah berlangsungnya project LIGHT di SDN 2 Luwus. HAD

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *