Sudahkah Bersyukur?

  • Whatsapp

beritalima.com | Bersyukur merupakan sebuah kata yang mudah diucapkan namun terkadang sulit untuk kita lakukan. Sudah dilakukan, tetapi hati mungkin belum tentu tulus menjalaninya. Di dalam hidup ini, apa yang membuat kita semakin baik dalam menikmati hidup? Ya, dengan rasa syukur.
Rasa syukur berarti kita menghargai apa yang kita miliki, apa yang kita dapatkan, dan apa yang kita alami meskipun tidak selalu sesuai dengan hati. Terkadang pula hidup yang kita jalani tidak sama dengan apa yang telah kita rencanakan.

Tidak semua yang kita inginkan dapat menjadi kenyataan dan tidak semua yang kita harapkan dapat terwujud langsung di hadapan kita.
Hidup tidak selalu lurus dan mulus. Namun, untuk tetap menjalani hidup, kita harus tetap mengikuti alurnya hidup.

Di dalam hidup, tentu kita selalu didatangkan dengan berbagai masalah atau beban hidup. Meskipun kita menghindari masalah tersebut, percaya atau tidak, masalah baru pasti datang saja menghampiri. Terkadang kita menganggap masalah itu menjadi beban hidup yang terlalu berat untuk dipikul, sehingga membuat hari-hari kita terasa berat untuk dijalani.

Kita pun pasti pernah merasa bahwa hidup kita sangat susah, sedih, bahkan tidak sebahagia orang lain. Tetapi, kita tidak pernah tahu persis bagaimana kehidupan yang dijalani orang lain tersebut. Apakah masalah yang dihadapinya lebih berat atau lebih ringan daripada kita?
Tentu tidak semua orang mengeluh pada masalahnya, beberapa orang tentu ada yang bersabar serta bersyukur dengan apa yang mereka punya atau apa yang sedang dialaminya.

Selain itu, kita lebih sering merasa cemburu dengan orang lain. Baik cemburu dengan kepunyaan orang lain maupun cemburu dengan kelebihan milik orang lain.
Ketika kita merasakan hal tersebut, maka kita sangat perlu untuk bersyukur dengan segala apa yang kita miliki. Sebab mungkin yang dimiliki kita belum tentu dimiliki orang lain, dan kelebihan yang kita miliki belum tentu ada pada orang lain.

Terkadang kita pun melupakan hal-hal yang sangat sederhana untuk disyukuri, seperti kita masih bisa menghirup udara segar secara gratis setiap hari, kita bisa berkumpul dengan keluarga, saudara, dan teman, bahkan kita bisa beraktivitas dengan sehat tanpa ada rasa sakit.
Oleh karena itu, segala sesuatu yang terjadi di hidup kita harus kita terima dengan penuh rasa syukur. Merasa masalah yang kita punya sangatlah berat, bersyukurlah bahwa kita semakin diperkuat lewat masalah tersebut.

Dengan bersyukur kita dapat menikmati hidup dengan baik dan dengan bersyukur pula kita akan merasa lebih bahagia menjalani hidup. Sebab, bukan kebahagiaanlah yang membuat kita bersyukur tetapi bersyukurlah yang membuat kita bahagia.

Penulis : Carla Josefina D

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *