Koordinasi Kurang, PON Papua Di Ragukan Berbagai Pihak

  • Whatsapp

JAYAPURA, beritalima.com – Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Pengurus Provinsi Papua Maikel Kambuaya mengaku ragu pelaksanaan Pekan Olah Raga (PON) XX Tahun 2020 dapat dilaksanakan dengan baik di Provinsi Papua.
Kambuaya mengatakan, keraguannya tersebut akibat hingga saat ini koordinasi antara instansi terkait, belum juga dilakukan secara maksimal, sedangkan rentang waktu pelaksanaan PON menyisakan dua tahun empat bulan jelang pelaksanaan.
“Menyisakan dua tahun empat bulan ini, belum ada koordinasi yang baik dengan kabupaten/ kota yang akan menyelenggarakan PON, siapa berbuat apa, meskipun, saya apresiasi Kadispora Papua dengan perencanaannya, termasuk Gubernur Papua yang telah berbicara dengan Presiden sehingga nantinya turun Inpres (Instruksi Presiden), namun itu saja tidak cukup dengan melihat waktu yang ada dan mendesak,”Kata Maikel Kambuaya di Jayapura, Senin (21/8/2017).
Harusnya, kata Maikel Kambuaya, koordinasi instensif terus dilakukan saat – saat ini. Pembagian tugas harus jelas, hingga PON yang digadang-gadang menjadi pertaruhan harga diri orang Papua ini bisa sukses pelaksanaan, administrasi dan prestasi.
“Dispora Provinsi tidak bisa berjalaan sendiri, harus koordinasi dengan lima kabupaten/kota yang akan menjadi tuan rumah pelaksanan PON. Seperti kalau di Kabupaten Jayapura, harus koordinasi, bagaimana airnya, bagaimana listriknya, dan bagaimana pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan venue,”ucapnya.
Menurut Maikel koordinasi dengan Kabupaten Jayapura saja sebagai kabupaten terdekat dan dibangunnya Venue utama PON, belum maksimal dilakukan, bagaiaman dengan kabupaten/ kota yang lain yang turut menjadi penyelenggara.
“Termasuk koordinasi dengan PU,sejauh mana, kan kalau tidak salah PU juga terlibat untuk pembangunan beberapa infratruktur. Namun ini juga kabupaten/ kota harus berkoordinasi, lahannya bagaimana yang nantinya akan dibangun venue itu, sudah adakah lahan yang dipersiapkan, jangan sampai, saat akan dibangun, ada permasalahan-permasalahan,” katanya.
Diinformasikan, lima wilayah di Provinsi Papua akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XX di Papua, yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke,dan Kabupaten Biak. (Edy Siswanto)

Caption foto : Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Pengurus Provinsi Papua Maikel Kambuaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *