Kopi Bengkulu Salah Satu Kopi Terbaik Di Indonesia

  • Whatsapp

Bengkulu, beritalima.com – Bagi para pecinta kopi tentu saja tahu bahwa kopi hadir dengan berbagai macam jenis. Salah satunya adalah kopi Bengkulu yang berasal dari Kabupaten Kepahyang-Provinsi Bengkulu ini lebih populer dan menyandang kategori sebagai kopi terbaik yang ada di Indonesia.

Bengkulu merupakan daerah yang juga sering di juluki sebagai surganya kopi. Hal tersebut dikarenakan luas lahan yang ada di daerah tersebut dihabiskan hanya untuk menanam atau membudidayakan tanaman kopi. Itulah sebabnya kopi Bengkulu hadir di tengah-tengah indonesia. Dan bagi yang ingin tahu lebih lanjut mengenai kopi Bengkulu ini maka langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Kontes Kopi Terbaik

Dari berbagai berita menayangkan bahwa kopi Bengkulu masuk ke dalam urutan 15 jenis kopi terbaik yang ada di Indonesia oleh ajang AEKI AICE Coffe Contest pada tahun 2016 lalu yang di langsungkan oleh Asosiasi Eksportir serta oleh Industri Kopi Indonesia atau AEKI dan juga diikut sertakan oleh Pusat penelitian kopi beserta kakao indonesia atau PPKKI. Kopi asal Bengkulu ini baru sekali mengikuti kontes pemilihan kopi terbaik di indonesia yang diikut sertakan oleh 12 juri yang berasal dari negara lain.

Dan kontes inilah yang membawa kopi Bengkulu masuk dalam kategori kopi terbaik. Kopi Bengkulu mempunyai beberapa jenis cita rasa yang beragam yaitu mulai dari robusta original, robusta super, robusta tradisional, robusta arabika, dan robusta semang. Jika anda penikmat setia kopi maka tentu saja anda harus menjajal tiap tiap varian rasa kopi bengkulu yang hadir dan siap untuk menemani hari-hari anda.

Budidaya Kopi Bengkulu

Bengkulu memiliki dataran tinggi yang mencapai 1952 meter dari permukaan laut. Tempat ini adalah pusat dari aktifitas para petani sejak pasca reformasi. Kawasan yang terletak di area gunung kaba ini adalah lahan pertanian yang sangat subur. Terdapat dua kabupaten yaitu Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong yang saat ini menjadi pusat pertanian.

Dataran yang tinggi inilah yang membuat tanaman kopi dapat tumbuh dengan baik. Dikatakan bahwa semakin tinggi datarannya maka biji yang dihasilkan oleh tanaman kopi juga akan semakin banyak. Rupanya tingkat cita rasa kopi Bengkulu atau tingkat keasamannya pun juga bergantung terhadap temperatur tempat tanamnya yang artinya semakin tinggi tempat tanamnya maka keasamannya pun juga akan semakin baik.

Bengkulu merupakan tempat terbesar untuk aktifitas produsen kopi di seluruh nusantara. Hal tersebut dapat dilihat dari potensi yang dihasilkan sangatlah besar dan oleh karena itu Bengkulu dikenal sebagai segitiga emas robusta yaitu selain Sumatera Selatan dan juga Lampung. Bengkulu mempunyai area lahan tanam kopi mencapai 92 ribu hektar. Dan jumlah masyarakat yang bergantung dalam pertanian kopi ini mencapai 63 ribu Kepala Keluarga. Jika dilihat dari angkanya tentu saja anda sudah tahu bahwa budidaya kopi Bengkulu ini adalah hal yang sangat berarti bagi masyarakat Bengkulu.

Beberapa tahap yang perlu untuk diperhatikan dalam membudidayakan kopi Bengkulu ini yaitu teknologi, cara budidaya yang tepat dan benar, proses pasca panen serta akses terhadap pasar. Namun kesemua hal ini belum dimiliki oleh para petani kopi secara merata. Biasanya para petani ini tidak menerima adanya penyuluhan atau bahkan pelatihan yang berasal dari luar. Petani ini hanya dapat merawat tanaman kopi dengan cara menyemprot hama yang ada pada rumput dan melakukan pemupukan secara standar.

Perawatan tanaman kopi Bengkulu ini memang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Ketika sudah masa panen, biasanya para petani kopi ini menjual hasil panennya tersebut pada pengepul yang ada di tingkat desa atau bahkan pada pedagang ibukota tanpa menggunakan proses olah yang baik.

Biasanya para petani kopi ini menjualnya dalam bentuk buah yang masih segar yaitu setelah dipetik langsung dipasarkan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu yang dibekali pada para petani kopi membuat kopi Bengkulu ini menjadi melejit dan terkenal sebagai kopi terbaik.

Rasa Nikmat Kopi Bengkulu

Cara untuk menyajikan kopi Bengkulu ini tentu saja sama seperti sajian kopi pada umumnya yaitu hanya perlu menyeduhnya dengan air panas atau air hangat. Rasa nikmat kopi Bengkulu akan dirasakan ketika mencicipinya. Pertama kali menghirupnya maka akan merasakan adanya sensasi buah-buahan pada rongga mulut. Rasa dari kopi ini sangat juicy, yaitu dengan aroma yang segar dan sangat memikat lidah.

Kopi Bengkulu ini cukup manis dan terdapat karakter karamel di dalamnya. Kopi ini hadir dengan cita rasa yang sangat tipis atau ringan sehingga sangat cocok di nikmati sembari bersantai di sore hari. Kopi ini memang memiliki cita rasa yang sangat unik. Jika di cicipi maka timbulah rasa lemon dan coklat yang menyatu jadi satu.

Kelebihan Kopi Bengkulu

Juga seperti jenis kopi pada umumnya, tentu saja kopi Bengkulu ini juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis kopi lainnya. Kelebihan kopi Bengkulu ini yaitu dihasilkan secara langsung dari perkebunan milik penduduk lokal.

Biji dari kopi Bengkulu ini memiliki ukuran yang lebih besar dan juga lebih kering jika dibandingkan dengan ukuran biji pada umumnya. Hal inilah yang membuat kopi Bengkulu mampu memberikan hasil bubuk kopi yang sangat berkualitas. Kopi Bengkulu ini diolah dengan menggunakan cara tradisional dan hal inilah yang membuat aroma kopi Bengkulu menjadi sangat khas. Kelebihan lainnya yaitu kopi Bengkulu ini tidak dicampurkan dengan bahan apapun sehingga tidak terdapat efek samping yang berbahaya pada saat mengonsumsinya.

Manfaat Kopi Bengkulu

Manfaat kopi Bengkulu ini sangatlah banyak, yang pertama yaitu mencegah terjadinya batu ginjal. Hal ini telah diteliti secara langsung di harbard bahwa jika seorang wanita mengonsumsi kopi sebanyak 4 cangkir dalam sehari maka akan terhindar dari adanya resiko batu ginjal. Kopi ini juga bermanfaat untuk dapat mencegah terjadinya depresi serta dapat mempertajam daya ingat otak. Kopi ini juga dapat menurunkan terjadinya penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi kopi ini maka anda juga akan terhindar dari adanya resiko penyakit kanker.

Itulah beberapa informasi yang dapat diketahui dari kopi Bengkulu. Kini bagi yang ingin menikmati kopi di waktu santai maka kali ini harus menjajal kopi Bengkulu yang akan membuat hari-hari berbeda.

Dengan menjajal kopi asal Bengkulu ini maka ada sensasi yang berbeda yang akan dirasakan. Terlebih jika kopi ini telah di predikat sebagai jenis kopi terbaik yang ada di indonesia sehingga tidak perlu ragu lagi dengan kualitas yang dimiliki oleh jenis kopi asal Bengkulu. (Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *