Kota Madiun Siap Jadi Percontohan Pelayanan KBPP Internasional

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com | Kota Madiun merupakan salah satu daerah unggulan atau Center of Excellence International Knowledge Hub (CoE IKH) program pelatihan internasional dengan inovasi pelayanan KB Pasca Persalinan (KBPP).

Pelayanan KB yang dikembangkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Madiun memberikan ciri yang berbeda dan menarik untuk sharing best practices program Bangga Kencana kepada mitra internasional dan negara-negara sahabat.

Oleh karena itu, Deputi Bidang Lalitbang BKKBN, Prof. drh. M. Rizal M Damanik MRep Sc PhD, ditemani Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati MM, dan Kepala Pusat Penelitian dan Kerjasama Internasional BKKBN beserta jajaran, melakukan kunjungan dan diskusi dengan Walikota Madiun Drs. H. Maidi SH MM M.Pd dan jajarannya untuk persiapan kunjungan CoE IKH, Jumat (13/1/2023).

Prof. Damanik mengatakan, tujuan kunjungan rombongan BKKBN ke Kota Madiun ini selain untuk mempererat tali silahturahmi antara BKKBN dan Pemerintah Kota Madiun juga untuk mempersiapkan CoE IKH pada tahun 2023 ini.

“Berdasarkan data yang kami miliki, Kota Madiun ini sangat cocok menjadi lokus sharing best practice kepada dunia internasional khususnya memperkenalkan Pelayanan KB Pasca Persalinan. Apalagi melihat penghargaan-penghargaan terkait KBPP yang sudah diperoleh oleh RSUD Kota Madiun,” ungkap Prof Damanik.

Negara-negara yang bermitra dengan Indonesia dalam bidang Kependudukan merupakan negara-negara yang tergabung dalam konferensi Asia-Afrika sejak tahun 1990.

Mengingat tahun 2022 lalu, setelah perjuangan 33 tahun, Indonesia kembali memperoleh penghargaan tertinggi bidang kependudukan the 2022 United Nation Population Award, menjadikan Indonesia destinasi ramah negara-negara mitra untuk melakukan kunjungan dan melakukan pembelajaran pengelolaan kependudukan, khususnya KBPP.

“Sudah banyak negara Asia-Afrika yang ingin berkunjung ke Indonesia dan saat ini. Negara Kenya sudah berkomitmen melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melihat pengelolaan Pelayanan KB Pasca Persalinan, dan akan kami arahkan ke Kota Madiun ini,” lanjut Damanik.

Walikota Maidi menyatakan siap menerima kunjungan kenegaraan tersebut. Selain menyiapkan RSUD Kota Madiun, Maidi juga akan menyiapkan beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Madiun.

“Kami siap menerima kunjungan. Pembangunan Kota Madiun akan kami persiapkan untuk menerima kunjungan, baik bersifat edukasi maupun wisata,” sahur Maidi.

Dikatakan, kunjungan kenegaraan dari delegasi negara Kenya akan difokuskan pada program CoE IKH, yaitu KB Pasca Persalinan di RSUD Kota Madiun. (Gan)

Teks Foto: Rombongan BKKBN ketika mengunjungi Kota Madiun dan diterima Walikota Maidi untuk persiapan kunjungan CoE IKH, Jumat (13/1/2023).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait