KPU Bondowoso Gelar Verfak Parpol 2019, Satu Partai Lama Tidak Lolos

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Verifikasi Faktual (Verfak) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso terhadap 15 Partai Politik (Parpol) calon peserta pemilu tahun 2019 yang ada di Bondowoso telah selesai dilaksanakan.

Hasilnya dari ke 16 Partai Politik tersebut, ada satu Partai Politik lama dinyatakan tidak lolos verifikasi Faktual ditingkat kabupaten. Partai lama yang tidak lolos tersebut yaitu Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Menurut salah satu Komisioner KPU Bondowoso Divisi Hukum Junaidi mengatakan bahwa, sampai batas akhir verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU Bondowoso. Partai PKPI tidak memenuhi persyaratan yang sudah tercantum dalam undang-undang.

“Setelah dilakukan verifikasi lanjutan ternyata PKPI yang ada di Bondowoso ini tidak bisa menghadirkan 3 orang yang namanya sudah masuk keanggotaan PKPI, maka dari kita nyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” tuturnya Kamis (08/02).

Junaidi menjelaskan bahwa PKPI tidak memenuhi syarat kepengurusan ditingkat kabupaten Bondowoso baik secara administrasi maupun secara ke anggotanya.

“Saat KPU mendatangi kantor DPK PKPI untuk verifikasi faktual ulang, malah tak ada anggotanya yang berkumpul. Padahal itu merupakan salah satu syarat dalam penelitian administrasi. Tapi sampai batas akhir perbaikan tetap tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Sekedar diketahui bahwa ada 16 Parpol di Bondowoso yang dilakukan Verfak oleh KPU Bondowoso, diantaranya PDIP, Golkar, PKB, PPP, PKS, Nasdem, Demokrat, Gerindra, Hanura, PBB, PAN, Perindo, PSI, Partai Berkarya, Partai Garuda, dan PKPI yang tidak lolos verifikasi. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *