Kuatkan Komitmen Indonesia Bersih Dan Bugar, KORMI Langsungkan Rakernas

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Berdiri sejak 2000, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) menggelar Rakernas dan Munaslub secara hybrid pada 22/2/23 yang dihadiri langsung oleh jajaran KORMI Nasional, yaitu Ketua Umum Hayono Isman, dan jajaran KORMI Provinsi se Jawa Timur. Seperti yang berlangsung di Kantor Dinas Pariwisata Prov Jatim. Dr. Hudiyono, M.Si., selaku Ketua Kormi Jatim, mengikuti Rakernas secara online bersama jajaran Pengurus Harian, yaitu Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes.I., Nurul Ansori, S.Pd., MM., I Wayan Sudarma, S.Pd., MM., Afandi Budi Saptono, SE., Dr. Lia Istifhama, MEI, dan Ferdian Candra Maulana, Dr. Mochammad Purnomo, M.Kes. dan Indra Himawan Susanto, M.Kes.

Hayono Isman dalam pengarahannya, menyampaikan pentingnya mewujudkan tema besar ‘Merajut Ulang Kesehatan Bangsa Menuju Indonesia Bugar 2045’.

“KORMI sebagai rumah besar olahraga rekerasi, memiliki peran sentral mewujudkan ‘Indonesia Bugar 2045’. KORMI juga memiliki afiliansi dengan beberapa Kementerian dengan tujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk gemar berolahraga. Tentu, ini semua sesuai pesan besar dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan.”

Dibuka oleh Didik Suhardi Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Rakernas tersebut menghadirkan narasumber dari jajaran Kementerian, yaitu Deputi dari Kemendari, Kemenpora, Kemenparenkraf, Kemenkes, dan BAPPENAS.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Dr. Drs. Sugeng Haryono, M.Pd., yang turut menjadi narasumber dalam Rakernas tersebut, menyampaikan pentingnya sinergitas antara KORMI dengan Pemerintah Daerah.

“Olahraga rekerasi adalah olahraga yang bersegmen kuat untuk masyarakat. Tentu, berjalan dengan baiknya program KORMI, berdasarkan support pemerintah daerah.”

Kartini Rustandi, M.Kes. sebagai Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes, menyampaikan terkait SIPGAR.

“Untuk mengukur tingkat kebugaran tubuh, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah meluncurkan sebuah aplikasi Pengukuran Kebugaran Jasmani Mandiri bernama SIPGAR yang dapat diakses langsung bagi pengguna Smartphone dengan mengunduhnya melalui Playstore, dalam rangka menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas.”

Sedangkan Direktur Keluarga Perempuan, Anak, Pemuda Dan Olahraga Bappenas Woro Srihastuti Sulistyaningrum, St, Mids., menyampaikan beberapa poin, diantaranya analisis capaian tahun 2021 dan minat penduduk melakukan olahraga tradisional.

“Minat olahraga yang tinggi adalah di usia sekolah, tepatnya TK dan SD, itupun dipengaruhi pelajaran sekolahnya yang berkaitan dengan olahraga tradisional, contohnya pelajaran PJOK. Padahal olahraga rekreasi seyogyanya untuk semua usia, terutama usia lanjut. Contohnya bersepeda, ini akan sangat membantu pencegahan resiko sakit jantung.”

Dihadapan awak media, Ketua KORMI Jatim Hudiyono menjelaskan kesiapan Jatim menjadi barometer KORMI se-nasional.

“Selaras dengan dukungan ibu Gubernur Khofifah terhadap KORMI untuk menguatkan Komitmen Jatim Bugar, maka kami yakin KORMI mampu menjadi barometer nasional. Tentu, ini nanti akan ada kolaborasi dengan dunia sektor pariwisata, mengingat olahraga rekreasi akan sangat efektif jika mewarnai tempat-tempat rekreasi di Jawa Timur, contohnya olahraga trail dan panjat tebing.”

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait