Lahirkan Calon Pemimpin dari Sipil

  • Whatsapp

beritalima.com, GIANYAR – Gembira bagi masyarakat dan pegawai negeri (TNI/Polri/Sipil) yang ada di Kabupaten Gianyar lulusan S1. Universitas Pertahanan (UNHAN) memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti program beasiswa Magister Ilmu Pertahanan dengan gelar Magister Sain Bidang Pertahanan/M.Si (Han). Hal ini terungkap saat kunjungan Rektor Universitas Pertahanan (UNHAN), Letjen TNI I Wayan Midhio, M.Phil. ke Kabupaten Gianyar diterima Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra dan Sekdakab Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra di Ruang Pertemuan Bupati, Jumat, (29/7/2016).

Letjen TNI I Wayan Midhio, M.Phil. mengatakan, UNHAN merupakan lembaga pendidikan tinggi terbuka yang mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat S2. Unhan memberi kesempatan bagi para perwira TNI dan sipil untuk belajar dan memperdalam ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Kunjungan ke Kabupaten Gianyar sendiri dalam rangka menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah sebagai partner penyelenggaran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor asal Desa Serongga, Gianyar ini menambahkan UNHAN terbagi menjadi tiga fakultas yakni, Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan serta Fakultas Keamanan Nasional. Fakultas Strategi Pertahanan sendiri memiliki 8 program studi (Prodi) yakni, Prodi  Strategi Perang Semesta, Prodi Strategi dan Kampanye Militer, Prodi Peperangan Asimetris, Prodi Damai Resolusi dan Konflik, Prodi Diplomasi Pertahanan, Prodi Strategi Pertahanan Darat, Prodi Stratregi Pertahana Laut, dan Prodi Strategi Pertahan Udara.

Sedang Fakultas Manajemen Pertahanan dengan 5 program studi yakni, Prodi Manajemen Pertahanan, Prodi Ekonimi Pertahanan, Prodi Manajemen Bencana Untuk Keamanan NAsional, Prodi Ketahan Energi, dan Prodi Keamanan Maritim. Sementara Fakultas Keamanan Nasional memiliki 3 program studi yakni, Prodi Keamanan Maritim, Prodi Ketahanan Energi, serta Prodi Damai dan Resolusi Konflik.

“Unhan bertekad melahirkan calon-calon Pemimpin Bangsa dari sipil di masa depan yang memiliki kehandalan di bidang pertahanan dan bela negara,” tambah Letjen I Wayan Midhio, M.Phil.

Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra sangat mengapresiasi kerjasama antara Pemkab Gianyar dengan UNHAN tentang peningkatan kualitas SDM pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Tentunya melalui kerjasama ini dapat dijadikan sarana untuk lebih meningkatkan kemampuan dan profesionalitas Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Gianyar.

“Ini merupakan kesempatan bagus bagi PNS maupun warga masyarakat Gianyar yang berkeinginan meningkatkan pengetahuan di bidang pertahanan dan bela negara,” terang Mahayastra. (ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *