Lalai saat Distribusi, Satu Kotak Suara Terjatuh

  • Whatsapp

JAILOLO,beritaLima.com-Distribusi logistik Pilkada jelang hari H, yang dilakukan oleh petugas dilapangan ditemukan bermasalah.Salah satunya logistik Desa Bukumaadu Kecamatan Jailolo.

Diduga petugas yang bertugas mengawal distribusi logistik Kecamatan Jailolo lalai, menyebabkan satu kotak suara berisi dokumen kertas suara serta sejumlah formulir sempat terjatuh sebelum akhirnya diamankan ke KPU setelah ditemukan dilapangan,dalam kondisi rusak.(penyok).

Informasi yang dihimpun, kejadian tersebut berawal saat distribusi logistik dengan menggunakan satu mobil truk, Senin(7/12) sekitar pukul 04:00 dini hari. Saat distrubusi logistik di Desa Kuripasai, Jailolo, tanpa sepengetahuan petugas,satu kotak suara berisi dokumen terjatuh,diduga terkena ranting pohon.

Anehnya,petugas yang mengawal distrubusi logistik tidak mengetahui hal tersebut.Satu kotak suara yang sempat jatuh ini,baru diketahui petugas setibanya di Desa Bukumaadu.

Kotak suara yang sempat terjatuh ini,baru berhasil ditemukan siang hari,saat mendapat informasi dari warga Desa Kuripasai. Dugaan kelalaian petugas saat distribusi logistik ini, bahkan sempat menuai protes tim pemenang paslon nomor urut 1(JUJUR) yang langsung mendatangi KPU Halmahera Barat 9Halbar) guna mengecek kebenaran informasi tersebut.

Ketua Bawaslu Halbar,Alwi Ahmad yang didampingi stafnya saat mendatangi kantor KPUsekitar pukul 16:00 Wit,bahkan sempat terlihat memegang sejumlah kertas plano yang diduga berasal dari kotak suara yang sempat terjatuh di Desa Kuripasai.

Devisi Pengawasan Hubungan antar lembaga(PHL)Bawaslu Halbar,Aknosius Datang yang dikonfermasi wartawan dikantor KPU,Senin(7/12)membenarkan adanya kejadian tersebut.

Dimana,menurut dia,kejadian tersebut lebih disebabkan kelalaian petugas saat mengawal distrubusi logistik.

“Yang pasti akan kami tindak lanjuti dengan memanggil pihak-pihak terkait untuk dimintai penjelasan.Ini sudah masuk katagori pelanggaran pidana,”tegasnya.

Ketua KPU Halbar,Miftahudin Yusup yang dikonfermasi, turut membenarkan kejadian tersebut.

“Kotak suara yang jatuh saat distribusi ini,diduga karena terkena ranting pohon.Tapi sudah diamankan ke KPU.Dan hasil pemeriksaan seluruh dokumen dalam keadaan utuh,”singkatnya.(Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait