Lantik Panitia Pengawas Pemilu, Pakde Karwo Tekankan Tingkatkan Koordinasi Dengan Forkopimda

  • Whatsapp
Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim berikan selamat kepada anggota panitia pengawas pemilu kab-kota se Jatim

SURABAYA, beritalima.com – Panitia pengawas pemilihan umum agar meningkatkan koordinasi dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda). Tujuannya adalah agar terjalin sinergitas dalam mensukseskan pemilihan umum.
Demikian disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo yang lekat disapa Pakde Karwo saat Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , Bupati dan Wakil Bupati Beserta Walilota dan Wakil Walikota Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Kota Se Provinsi Jawa timur di Graha Wicaksana Praja Lantai-8, Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan 110, Surabaya, Senin (28/8).
Menurut Pakde Karwo, panitia pengawas pemilu sudah bekerja bagus selama ini. Sebagai contoh suksesnya penyelenggaraan pemilu pada tahun 2015. Dimana semua berjalan dengan lancar, bagus dan transparan. Akan tetapi, ada sedikit hal yang harus diperbaiki yaitu koordinasi dengan Forkopimda. “Hubungan menyamping agar diperkuat agar lebih lancar pelaksanaannya,” ungkapnya.
Koordinasi yang dimaksud adalah dengan mendatangi semua forkopimda mlai kepala daerah, kepolisian, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan dan Forum DPRD. Panitia pengawas pemilu harus berdiskusi agar semua hal bisa terbuka. “Paling tidak sharing tentang apa yang akan dilakukan dalam upaya mensukseskan Pemilu. Diantaranya melakukan langkah dan kebutuhan apa yang bisa dilakukan sinergi,” ujarnya.
Terkait isu sara yang biasa berkembang saat Pemilu, Pakde Karwo menyimpulkan bahwa semua ditangani serius oleh kepolisian. Hal tersebut menjadi perhatian serius karena efek terhadap konflik yang terjadi lebih mahal dibandingkan menyelesaikan persoalan lain.
Untuk menangkalnya, panitia penyelenggara pemilu di Jatim bekerjasama dengan kepolisian, agar jangan sampai terjadi. Secara umum, lanjutnya Di jatim tidak ada kejadian seperti itu, karena semua berlangsung dengan baik . “Kultural Jatim yang sangat harmoni. Jadi kondisi Jatim yang plural tetap menjaga harmoni sehingga segala keputusan dan proses kebijakan berjalan dengan baik dan aman,” tambahnya.
Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan Anggota Panitia Pengawas Pemilihan diikuti 114 orang. Pada kesempatan tersebut turut hadir, Wagub Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf, Ketua Bawaslu Prov Jatim, Dr. Subianto, , Wakil Ketua DPRD Jatim, Dr. H Soenarjo, Wakapolda Jatim Irjen Samudra, Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *