LBP: 20 Hari, Arcandra Selamatkan Rp. 65 Triliun

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com-
MENTERI Koordinator Bidang Maritim (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) mengatakan bahwa sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pihaknya akan meneruskan apa yang sudah dilakukan oleh mantan Menteri Arcandra Tahar dalam 20 hari masa kerjanya.

“Apa yang telah dilakukan oleh Pak Candra menurut saya merupakan langkah-langkah yang brilian. Meskipun baru menjabat selama 20 hari, beliau sudah melakukan penghematan di beberapa proyek ESDM,” ujar Menko Luhut usai menghadiri Pidato Kenegaraan Presiden di kompleks MPR/DPR di Jakarta, Selasa (16/8).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan saat ini terus mengkaji beberapa kebijakan yang dibuat mantan Menteri Arcandra. Namun,secara umum, menurutnya kebijakan-kebijakan tersebut sangat pro rakyat.

“Beliau melakukan penghematan yang selama ini gagal kita  lakukan. Untuk kasus Masela, misalnya, hitungan beliau berhasil menurunkan biaya dari angka 20 milyar US dolar menjadi 15 milyar US dolar (5 milyar US dolar setara Rp. 65 triliun, dengan kurs 1 US dolar = Rp. 13.000). Ini penghematan yang luar biasa  besar. Penghematan biaya pengembangan IDD laut dalam Makassar juga akan kita teruskan. Mahakam juga akan kita teruskan,” ucap Luhut.

Luhut, menambahkan bahwa perpanjangan kontrak Freeport, saat ini masih dalam proses pengkajian pihaknya. Dia mengatakan bahwa mantan Menteri Arcandra mempunyai kelebihan yang tidak diketahui masyarakat umum.

Menurut Menteri Luhut yang paling penting adalah kebijakan yang dihasilkan haruslah menguntungkan rakyat Indonesia.

www.beritalima.com

“Tetapi jangan sampai kita untung tetapi orang lain tidak untung. Presiden kemarin sempat menegur kenapa avtur kita semahal itu, dan kenapa selama ini Indonesia belum bisa membuat refinery sendiri,” kata Luhut.

Ketika ditanya, siapa bakal calon pengganti Menteri ESDM, Menteri Luhut menjawab itu wewenang Presiden.

Reporter: Pahala Simanjuntak

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *