Libur Akhir Tahun Pengamanan Pelabuhan Ketapang Diperketat

  • Whatsapp

Banyuwangi Beritalima.com – Libur panjang menyambut Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 telah tiba. Sebanyak 840 personil gabungan Polri, TNI, Dishub, Satpol PP dan unsur lainnya siap mengamankan libur akhir tahun.

Kamis (22/12/2016), personil gabungan ini menjalani Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2016 di area parkir Pelabuhan ASDP Ketapang, Kecamatan Kalipuro. Kapolres Banyuwangi yang baru, AKBP Agus Yulianto, mempimpin apel pasukan yang dihadiri sejumlah tokoh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), antara lain Kejari Banyuwangi AA Andyana, Danlanal Letkol (laut) Nazarudin, Dandim 0825 Letkol Roby Bulan, serta General Manager ASDP Ketapang M Yusuf Hadi.

Personil gabungan ini, kata AKBP Agus Yulianto, akan aktif melakukan pengamanan mulai Jumat (23/12/2016). Dan tugas tersebut akan berakhir pada Senin (2/1/2017). Mereka akan bertugas di 17 Pos Pengamanan yang tersebar di seluruh Banyuwangi.

“Ada 11 pos yang didirikan di tepi jalan. Fungsinya untuk memantau serta membantu kelancaran arus lalulintas. Sebanyak 6 pos lainnya kita bangun di area wisata untuk memberi rasa aman dan nyaman warga saat menjalani liburan akhir tahun,” tukas mantan Kapolres Malang.

Khusus di Ketapang, setiap kendaraan yang hendak masuk maupun keluar pelabuhan akan diperiksa secara intensif. Mengingat dalam beberapa hari terakhir Densus 88 Anti Teror Mabes Polri telah mengamankan sejumlah terduga teroris dari beberapa kota yang dicurigai hendak melakukan aksi pengeboman saat Natal dan Tahun Baru.

“Kendaraan yang dicurigai akan diperiksa. Pemeriksaan melibatkan anjing pelacak juga. Ketapang adalah pintu masuk menuju Bali yang merupakan salah satu destinasi pariwisata dunia. Makanya pengamanan akan kita perketat,” tukasnya.

Selain mengamankan Pelabuhan Ketapang, petugas gabungan juga bertugas mengamankan sejumlah obyek vital seperti perbankkan, Dempo Pertamina, terminal maupun bandara. Alat transportasi mulai udara, laut dan darat turut pula masuk prioritas pengamanan. Bahkan gereja yang dijadikan aktivitas misa Natal tak luput dari pengamanan.

“Di Banyuwangi ada 130 gereja. Semua akan mendapat pengamanan dari aparat. Jumlahnya tergantung besar kecilnya bangunan rumah ibadah. Kalau besar bisa melibatkan 10-15 personil. Jika kecil cukup 2-3 anggota,” tegasnya.

Usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2016, Kapolres Agus Yulianto bersama unsur Forpimda Banyuwangi melakukan pengecekkan dermaga ASDP Ketapang. Kapal yang sandar juga dicek kesiapannya dalam mengangkut dan menurunkan penumpang.

(abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *