Libur Hari Raya 2024, Volume Kendaraan di Trenggalek Meningkat Signifikan

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Pada masa libur Lebaran 1445 H tahun 2024, ada peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan. Bahkan, pengunjung di sejumlah lokasi wisata wilayah Kabupaten Trenggalek ‘membludak’. Khususnya destinasi pantai sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS), terutama seputar kawasan Kecamatan Watulimo. Ribuan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat mengantri memasuki tempat-tempat tersebut.

Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Mulyani mengatakan, jika selama rentang libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 ini jumlah kendaraan melintas diwilayah hukum Bumi Menak Sopal mengalami kenaikan. Sehingga, pihaknya pun terfokus untuk memaksimalkan kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas di titik-titik rawan.

“Satlantas Polres Trenggalek di bantu jajaran terfokus pada pemaksimalan kamseltibcarlantas titik-titik dengan kerawanan tinggi. Yakni, simpang empat Kedunglurah, Durenan dan lokasi wisata sepanjang JLS,” ungkap AKP Mulyani, Minggu 14 April 2024.

Mengingat, lanjut dia, sejak menjelang libur Hari Raya 1445 H sudah ada peningkatan jumlah kendaraan yang masuk ke Trenggalek. Untuk itu, pengamanan harus ditingkatkan termasuk penambahan personel pengamanan.

“Ada penambahan personel untuk membantu anggota Satlantas memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna jalan,” imbuhnya.

Sedangkan untuk estimasi kenaikan volume, masih kata Kasatlantas, dibandingkan dengan hari-hari biasa sekitar 50 persen. Dari jumlah tersebut, lebih didominasi oleh kendaraan bermotor dari luar daerah.

“Dilihat dari nopol (nomor polisi) kendaraan lebih didominasi oleh pengendara luar daerah, meski banyak juga kendaraan lokal,” sebut AKP Mulyani.

Tak lupa, Kasatlantas ramah itu juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap mengutamakan keselamatan. Baik, untuk diri sendiri maupun orang lain dengan tidak melupakan kelengkapan surat-surat kendaraan mereka. Apalagi, dengan intensitas lalulintas yang tinggi sebagaimana sekarang akan lebih berpotensi menimbulkan tingkat kerawanan kecelakaan.

“Tetap berhati-hati dan waspada, perhatikan rambu-rambu lalulintas, kemudian jarak aman antar kendaraan karena ada hak orang lain dijalan. Pastikan pula kelayakan kendaraan untuk digunakan dengan tidak melupakan kelengkapan surat-suratnya. Ingat bahwa keluarga menunggu dirumah,” pungkas dia. (her)

beritalima.com

Pos terkait